Meski Aman, Vaksin Covid-19 Miliki Efek Samping, Berikut Daftarnya

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Foto: wowkeren.com
Bagikan:

Jakarta – Berdasarkan uji klinis, vaksin Covid-19 memiliki efek samping mulai dari ringan hingga sedang.

“Pertama hasil evaluasi dari data keamanan diperoleh dari uji klinis fase 3 di Indonesia, Turki, dan Brasil sebesar 65,3 persen. Dari hasil tersebut, secara keseluruhan aman dengan kejadian efek samping vaksin yang ditimbulkan bersifat ringan-sedang,” kata Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Lukito, Senin (11/1/2021).

Bacaan Lainnya

Efek samping ringan hingga sedang ini merupakan efek samping yang umumnya juga dirasakan setelah suntik vaksin lain.

Berikut beberapa efek samping ringan-sedang vaksin Covid-19.

Nyeri lokal. Setelah disuntik vaksin, biasanya akan timbul rasa nyeri pada area atau bagian yang disuntik. Rasa nyeri ini dapat hilang setelah beberapa waktu.

Nyeri otot. Nyeri juga dapat muncul pada otot yang terletak di sekitar tempat suntikan. Misalnya, saat suntikan dilakukan di tangan, nyeri muncul pada otot tangan.

Pembengkakan. Pembengkakan biasanya terjadi di area bekas suntikan vaksin. Biasanya pembengkakan disertai dengan kemerahan. Pembengkakan ini dapat hilang setelah beberapa hari.

Sakit kepala. Sekitar 0,1 persen peserta uji klinis ditemukan efek samping berupa sakit kepala. Efek samping ini tidak berbahaya dan dapat hilang setelah beberapa waktu.

Diare. Sekitar 1-1,5 persen peserta uji klinis juga mengalami masalah pencernaan berupa diare. Diare merupakan salah satu bentuk respons tubuh setelah disuntik vaksin. Efek samping ini akan  membaik setelah beberapa hari.

Meskipun memiliki beberapa efek samping, namun BPOM memastikan efek samping ini tidak berbahaya. “Efek samping ini tidak berbahaya,” ujar Penny. (Zak/IJS)

BACA JUGA :  Menkes Jadwalkan Pengadaan Vaksin Covid-19 di Indonesia
Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *