Mitos dan Fakta Penggunaan 2 Masker

Ilustrasi dua masker. Foto: pixabay
Bagikan:

Jakarta – Salah satu cara untuk mencegah penularan virus Covid-19, yaitu dengahn menggunakan masker. Menggunakan satu masker, dapat melindungi diri dari paparan virus Covid-19 hingga 70 persen.

Terlepas dari limbah yang ditimbulkan, banyak orang beranggapan memakai dua masker dinilai mampu memberikan perlindungan lebih baik.

Namun hingga kini, anggapan ini belum teruji secara ilmiah.

Scott Segal dari Thomas H. Irving Professor and Chair Department of Anesthesiology di Wake Forest Baptist Health, Winston-Salem, North Carolina mengatakan, belum ada data ilmiah yang menunjukkan manfaat atau kerugian memakai lebih dari satu masker.

Ia menuturkan, hingga kini baru ada satu studi kecil yang membahas manfaat memakai dua masker, tetapi hal itu belum ditinjau oleh para ahli lainnya.

Dalam studi kecil tersebut, peneliti menemukan dua masker mungkin terbukti lebih baik ketika masker yang berfungsi lebih baik tidak tersedia.

“Mengenakan dua masker mungkin merupakan ide yang masuk akal jika kemampuan filtrasi masker tidak terlalu kuat,” kata Segal.

Hingga saat ini penelitian yang telah dilakukan, termasuk yang dilakukan Segal menunjukan, menggunakan masker yang memiliki beberapa lapisan kain menyaring partikel virus lebih baik daripada hanya satu lapisan.

Begitu juga dengan masker dengan dua lapisan kain berkualitas tinggi dengan kerapatan yang ketat akan bekerja dengan baik.

Segal menyatakan, menggunakan masker dengan kualitas kain lebih rendah namun dengan banyak lapisan akan bekerja lebih baik dalam menyaring partikel dan virus Covid-19.

Ide dua masker bisa diterapkan misalnya jika mengenakan masker bedah atau jenis masker kain yang relatif longgar dengan masker kain yang pas.

Disisi lain, pakar penyakit menular di Johns Hopkins University for Health Security di Maryland, Amesh Adalja setuju keefektifan memakai dua masker tergantung pada bahan masker.

BACA JUGA :  Mengenal Fenomena 'Long Covid-19', Sudah Sembuh Tapi Masih Ada Gejala

“Memakai dua masker tergantung pada kualitas masker, kesesuaian dan seberapa baik masker berfungsi sebagai penghalang,” kata dia.

Namun, jika memakai dua masker membuat Anda sulit bernapas, maka buang salah satunya.

“Tak ada masker yang berfungsi jika Anda tidak dapat memakainya dengan nyaman,” demikian kata Segal. (Zak/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *