Mulai Terkuak, Alasan Jack Ma Menghilang

Pengusaha Jack Ma, foto : Quartz :
Pengusaha dari China dan Pendiri Alibaba Group, Jack Ma (Foto: Quartz)
Bagikan:

Beijing – Jack Ma, salah satu Miliarder China dan pendiri Alibaba dikabarkan menghilang di depan publik selama dua bulan. Jack Ma juga tak terlihat dalam sejumlah acara pencarian bakat di TV yang didirikannya. Ia pun harus digantikan eksekutif Alibaba lainnya di acara tersebut.

Dilansir dari Business Insider, Jack Ma sempat terlihat pada selasa pagi berdasarkan laporan dari reporter CNBC. Kehilangannya di depan publik dinilai dilakukan dengan sengaja.

Bacaan Lainnya

Bahkan, pihak pemerintah China baru-baru ini membuka penyelidikan antitrust ke Alibaba, raksasa e-commerce Jack Ma. Tak hanya itu, Ant Group, perusahaan jasa keuangan Jack Ma, telah memancing kemarahan bank-bank China yang menuduh mencuri bisnis dari mereka.

Hilangnya Jack Ma berawal dari pemerintah China memperkenalkan peraturan baru pada November untuk menghentikan penawaran umum perdana Ant Group. Sedangkan, pihak Ant Group dan Alibaba tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Sementara itu, Jack Ma dilaporkan mengkritik regulator keuangan global pada konferensi di Shanghai pada akhir Oktober. Ia bahkan berani menyebut mereka sebagai “klub orang tua” yang tidak cocok untuk mengawasi inovasi teknologi China.

Sementara itu, Duncan Clark, Ketua Perusahaan Teknologi BDA China yang berbasis di Beijing berspekulasi bahwa Jack Ma bisa saja disuruh bersembunyi karena aturan baru itu. Kemungkinan, Jack Ma berusaha untuk tidak terlihat publik selama penyelidikan.

Kasus tuduhan terhadap partai Komunis China dan menghilang dari publik tak hanya dirasakan oleh Jack Ma semata. Hal ini juga terjadi pada Konglomerat Real Estat, Ren Zhiqiang. Dikabarkan Ren menghilang sejak Maret ketika menuduh pemerintah salah menangani pandemi virus Covid-19.

BACA JUGA :  Kapal China Menyusup Selat Sunda, Said Didu Kritik Prabowo Subianto

Lantaran perbuatannya, Ren yang berusia 69 tahun harus dipenjara selama 18 tahun. Tentu, ia tidak sendiri karena banyak kritikus lain di China yang juga ditangkap seperti profesor hukum Xu Zhangrun dan pengacara HAM Zhang Xuezhong. (FWI/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *