Nadiem Bantah Penghapusan Frasa Agama Dalam Peta Jalan Pendidikan

Bagikan:

Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menegaskan, mata pelajaran pendidikan agama tidak akan dihapus dari kurikulum pendidikan Indonesia.

Menurutnya, agama justru menjadi prinsip esensial dari Peta Jalan Pendidikan, sehingga profil pertama pelajar Pancasila atau tujuan dari seluruh reformasi pendidikan adalah Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan ketakwaan akhlak mulia.

“Kalau ada aspirasi dari masyarakat kata ‘agama’ itu penting dalam frasa itu, ya kita silakan masuk dalam peta jalan. Nggak masalah. Nggak perlu panik, nggak perlu menciptakan polemik, kita terbuka,” kata Nadiem.

Nadiem mengatakan, pihaknya akan memasukkan kembali frasa agama dalam draf Peta Jalan Pendidikan 2020-2035 yang sebelumnya sempat menjadi polemik karena frasa itu dihilangkan.

Untuk itu, kata Nadiem, Peta Jalan Pendidikan dirancang dengan ekosistem pendidikan yang menghasilkan anak-anak Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.

“Kita masukkan lagi, jadi enggak ada masalah, case closed ya mengenai ini dan tidak akan ada penghilangan pembelajaran agama. Mohon maaf ini hal-hal yang mungkin kelihatannya kecil tapi di masyarakat menjadi pembicaraan yang agak liar,” ujar dia.

Kemudian terkait Peta Jalan Pendidikan, Nadiem mengungkapkan bahwa hal tersebut masih dalam berupa rancangan yang akan terus disempurnakan dengab mendengar masukan dan kritik dari berbagai pihak.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tungginya atas masukan dan atensi dari berbagai kalangan tentang penambahan kata agama secra eksplisit,” ucap Nadiem

Dengan adanya masukan tersebut, Nadiem menyampaikan bahwa frasa agama nantinya akan muncul dalam perbaikan rancangan.

“Kata ini (agama) akan termuat pada revisi rancangan Peta Jalan Pendidikan selanjutnya,” katanya.

Saat mendengar kabar itu, Nadiem mengaku tak pernah menyangka hilangnya frasa agama akan memicu polemik di tengah masyarakat.

BACA JUGA :  Unisba Kembali Melantik 1.190 Wisudawan Secara Online

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *