Nama-nama Menteri Reshuffle Ramai Diberitakan, Kasatpres: Belum Ada Jadwal Untuk Calon Menteri

Bagikan:

Jakarta — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan memanggil beberapa calon menteri ke Istana. Hal ini semakin mempertegas adanya reshuffle kabinet yang akan dilakukan pada Rabu (23/12/2020).

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono membenarkan kabar tersebut. Namun Heru membantah bahwa calon-calon menteri yang baru tersebut akan dipanggil hari ini, seperti yang ramai dikabarkan sebelumnya.

Heru mengatakan, pemanggilan calon-calon menteri masih menyesuaikan dengan jadwal kerja Presiden. Dan, saat ini agenda Presiden masih agenda rutin biasa. Belum ada jadwal adanya pertemuan dengan calon menteri.

“Hari ini agenda rutin saja. Belum ada jadwal untuk calon menteri. Jika ada tentunya akan diberitahu. Pemanggilan calon menteri masih menyesuaikan waktu Bapak Presiden,” kata Heru Budi Hartono, Selasa (22/12/2020).

Heru juga membantah pertemuan antara Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin membahas tentang reshuffle kabinet yang akan dilakukan pada Rabu besok. Menurutnya, pertemuan antara Jokowi dan Ma’ruf Amin hanya diskusi biasa saja.

Berdasarkan informasi, setidaknya ada enam kementerian yang kabarnya akan dirombak, yakni: Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf), Kementerian Sosial, Kementerian Perdagangan, Kementerian Agama serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sejumlah nama santer dikabarkan menjadi calon menteri baru. Diantaranya, Budi Gunadi Sadikin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN sekaligus Juru Bicara Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional. Budi disebut akan menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai menteri kesehatan. Kemudian ada nama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini yang dibicarakan akan menggantikan Juliari P Batubara sebagai menteri sosial yang menjadi tersangka kasus korupsi bantuan sosial (bansos).

Selanjutnya, ada nama Khatib Aam PBNU Yahya Cholil Stakuf yang dikabarkan akan menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama. Muncul juga nama Wakil Menteri Pertahanan, Wahyu Sakti Trenggono yang akan mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan yang ditinggalkan oleh Edhy Prabowo setelah dirinya tersangkut kasus ekspor benur lobster oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

BACA JUGA :  Tak Dikabari Panitia Muktamar, Gus Yasin Dijegal Dari Bursa Ketum PPP?

Selain itu, ada pula nama Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, M. Lutfi yang disebut-sebut akan menggantikan Agus Suparmanto  sebagai Menteri Perdagangan.

Mantan ‘lawan’ Jokowi di Pilpres 2019 dan manta Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno juga ramai dikabarkan akan menggantikan Wishnutama Kusubandio sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Akankah nama-nama yang santer disebutkan tadi benar-benar ditunjuk Jokowi untuk menjadi menteri di kabinetnya ke depan? Kita tunggu saja.

(Nad/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. I really like your blog.. very nice colors & theme.

    Did you create this website yourself or did you hire someone to do
    it for you? Plz reply as I’m looking to design my own blog
    and would like to know where u got this from. thanks a lot