Operasi Amole 2021, Brimob Sumbar Kirim Ratusan Personel ke Papua

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto mengecek personel Satbrimob Polda yang hendak bergabung dalam Operasi Amole 2021. (Istimewa)
Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto mengecek personel Satbrimob Polda yang hendak bergabung dalam Operasi Amole 2021. (Istimewa)
Bagikan:

Padang – Satbrimob Polda Sumatera Barat (Sumbar) mengirimkan ratusan personelnnya ke Papua untuk tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Amole 2021 untuk pengamanan PT Freeport Indonesia. Pengamanan ditujukan untuk menjaga investasi pemerintah dari pengerusakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua guna menjaga stabilitas ekonomi.

“Berbagai potensi ancaman berupa penjarahan, pencurian, pengerusakan dan penyerangan pos pengamanan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Kondisi geografis yang ekstrem akan menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh personel yang terlibat dalam satuan tugas pengamanan ini, “ ungkap Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto selepas upacara, Senin (18/1/2021).

Bacaan Lainnya

BACA JUGA :  Bustami Zainudin Minta KKP Maksimalkan Konsep Padat Karya Lewat Program Penanaman Mangrove

Harmanto berpesan kepada seluruh personel agar menjaga nama baik Satbrimob Polda Sumbar pada operasi yang akan digelar selama 6 bulan tersebut. Terutama agar para personel dapat bahu-membahu menciptakan iklim keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif selama bertugas.

“Saya berharap dengan kehadiran personel Polda Sumbar yang tergabung dalam Satgas Amole di wilayah hukum Polda Papua nantinya betul-betul dapat membawa manfaat terhadap masyarakat dan juga kelangsungan iklim produktifitas PT Freeport Indonesia,” ucapnya.

Ia juga meminta kepada para personel agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas dan selalu bertindak responsif mengingat tingkat bahaya maupun ancaman di daerah penugasan cukup tinggi. Tak lupa, ia juga berpesan agar jajarannya memerhatikan kesehatan karena adanya endemik malaria di lokasi penugasan.

“Jaga nama baik Polri terlebih khususnya Satbrimob Polda Sumbar di mata masyarakat Papua. Hindari pelanggaran sekecil apapun dan laksanakan tugas sesuai SOP yang telah ditetapkan,” pintanya.

Sebagai informasi, para personel Satbrimob Pola Sumbar lebih dulu menjalani Latpraops di Satlat Korbrimob Polri Cikeas selama 6 bulan sebelum dikirim ke Papua.

“Laksanakan latihan tersebut dengan serius dan sungguh-sungguh. Diharapkan pasca-latihan seluruh personel dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, sehingga ada kesamaan persepsi dalam bertindak di lapangan,” sebutnya. (Sdy/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar