Pakai Masker Malah Timbul Jerawat? Berikut Tips-nya

Ilustrasi memakai masker.
Ilustrasi memakai masker. (Foto: Pixabay/Juraj Varga)
Bagikan:

Jakarta – Pandemi Covid-19 memaksa semua orang untuk mematuhi protokol kesehatan, salah satunya wajib memakai masker. Namun, terlalu sering menggunakan masker dapat menyebabkan beberapa dampak buruk pada kulit. Penggunaan masker wajah, terutama yang non-medis, dapat menimbulkan iritasi pada kulit hingga jerawat.

Jerawat yang muncul disebabkan adanya gesekan dan keringat yang terperangkap. Hal tersebut menimbulkan luka hingga kulit menjadi rusak, lama-kelamaan memicu timbulnya jerawat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

Bacaan Lainnya

BACA JUGA :  Ahli Ungkap Syarat Penderita Asma Terima Vaksinasi Covid-19

1. Temukan bahan masker yang tepat

Jika wajah kamu rentan mengalami jerawat, ada baiknya untuk menghindari masker yang terbuat dari kain seperti poliester karena dapat menahan keringat sehingga memicu timbulnya jerawat. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, hindari kain dengan tekstur yang kasar karena dapat menimbulkan iritasi.

Cobalah untuk memilih kain yang lebih lembut sebagai lapisan dalam masker agar tidak menimbulkan banyak gesekan saat menempel di kulit. Namun, tetap pastikan lapisan luarnya lebih tebal agar dapat tetap melindungi dari virus penyebab penyakit.

2. Jangan pakai masker berulang kali

Sebaiknya kamu tidak menggunakan masker secara berulang kali agar jerawat dapat dicegah. Beberapa masker hanya dapat digunakan sekali, tetapi beberapa lainnya dapat digunakan kembali dengan cara dicuci.

BACA JUGA :  Menkes Ungkap Keunggulan Data KPU Untuk Penerima Vaksinasi Covid-19

ika kamu menggunakan masker dengan bahan dasar kain, cucilah dengan bersih agar tidak ada bakteri penyebab jerawat dan penyakit lain yang menempel. Cobalah untuk membatasi penggunaannya hanya empat jam, setelah itu ganti dengan masker kain lainnya.

3. Tetap jaga kebersihan wajah

Sebelum menggunakan atau setelah melepaskan masker, penting untuk mencuci wajah dengan pembersih yang lembut dan bebas minyak untuk mencegah timbulnya jerawat. Namun, kamu tidak boleh melakukannya lebih dari dua kali dalam sehari agar minyak pada kulit tetap terjaga. (Zak/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *