Pare, Makanan Super yang Memiliki Banyak Khasiat

Penampakan buah Pare. Foto: farmasetika.com
Bagikan:

Jakarta – Ketika mendengar kata pare, yang terbersit dalam pikiran adalah sensasi pahit yang ditimbulkan ketika mengkonsumsinya.

Dibalik rasanya yang pahit, pare dipercaya memiliki khasiat besar bagi kesehatan tubuh. Tidak salah jika pare dijuluki “makanan super”.

Bacaan Lainnya

Pare secara umum mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, asam folat, beta-karoten, luiten, kaya antioksidan, dan lain-lain. Kandungan-kandungan ini dipercaya mampu mencegah berbagai macam penyakit, terutama kanker dan diabetes.

Menurut National Center of Bioteknology (NCBI) yang berjudul Bitter Melon: a Panacea for Inflammation and Cancer menyatakan, pare mengandung antioksidan, anti-inflamasi, antikanker, dan nutrisi baik lainnya. Kandungan tersebut sangat baik dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

Selain itu dokter asal Amerika Serikat (AS), Frank Shallenberger, M.D. menyatakan, kemampuan pare dalam menghancurkan sel kanker mencapai tingkat keberhasilan hingga 90-98 persen.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Asian Pasific Journal of Tropical Disease menemukan, pare memiliki sifat antidiabetes. Bahan aktif seperti charatin, alkaloid, vicine dan peptide dapat memicu aktivitas pelepasan insulin yang lebih baik serta mampu melawan resistensi insulin.

Senyawa tersebut mampu mengatur kadar gula yang diserap oleh usus serta merangsang sel otot untuk mengambil glukosa dari darah dan mengubahnya menjadi glikogen.

Untuk mengkonsumsi pare dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi makanan atau dengan dijus.

Ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah ini. selain itu jika ingin mengkonsumsi suplemen herbal yang mengandung pare harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, karena tidak semua obat herbal aman dikonsumsi. (Zak/IJS)

BACA JUGA :  Pakai Masker Malah Timbul Jerawat? Berikut Tips-nya
Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *