Pembuat Parodi Indonesia Raya Anak Pemilik Toserba Berusia 15 Tahun

Toserba Ciwaru, lokasi penggerebekan pelaku pembuat parodi melecehkan lagu Indonesia Raya
Bagikan:

Jakarta – Video parodi Indonesia Raya hangat dibicarakan dalam seminggu terakhir ini. Parodi tersebut melecehkan lagu kebangsaan Indonesia dan diunggah oleh akun berlogo bendera Malaysia.

Namun pelakunya ternyata orang Indonesia sendiri. Pelaku merupakan pelajar SMP, anak seorang pemilik Toserba Ciwaru yang cukup terkenal di tempat itu.

Pelaku berinisial MDF (15) ditangkap di rumahnya di Kampung Ciwaru, Desa Hegarmanah, Kecamatan Karangtengah, Kamis malam (31/12/2020).

Pelaku diciduk oleh tim gabungan Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat di bawah Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri. MDF dibawa ke Jakarta setelah sempat menjalani pemeriksaan awal di Mapolres Cianjur.

Kasat Reskrim Polres Cianjur AKP Anton, menjelaskan, pelaku masih berstatus pelajar kelas III sekolah menengah pertama (SMP).

Sebelumnya Polis Diraja Malaysia menangkap seorang WNI di Sabah karena diketahui menyebarkan konten tersebut. Dalam pemeriksaan lanjutan, ternyata dia bukan pembuat kontennya.

Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Abdul Hamid Bador mengatakan pihaknya mengamankan seorang buruh asal Indonesia di Sabah. Orang itu diperiksa karena diduga mengetahui siapa produser video tersebut.

“Ada orang jahat dan tidak bertanggung jawab telah menodai lagu kebangsaan Indonesia Raya,” katanya dilansir Kantor Berita Bernama.

Tindakan oknum itu merupakan pelanggaran serius karena dapat menciptakan adu domba dan suasana tidak kondusif bagi hubungan kedua negara.

Informasi itu kemudian disampaikan ke pihak RI agar bisa berkoordinasi lebih lanjut mengenai penyelesaiannya. Pihak kepolisian RI lalu menindaklanjuti informasi penting itu, sebelum berhasil menagkap pembuat video aslinya.

Video yang bikin heboh itu merupakan parodi plesetan lagu Indonesia Raya dengan lirik melecehkan. Pertama kali lagu itu diunggah ke Youtube melalui sebuah akun.

BACA JUGA :  Pencarian CVR Sriwijaya Air, NasDem Usulkan Pakai Dukun

Judulnya ‘Indonesia Raya Instrumental (Parody+Lyrics Video)’ yang menampilkan gambar ayam berlambang Pancasila dengan latar merah putih. Di sampingnya ada gambar animasi anak sedang kencing.

Adegan bermula dengan suara ayam berkokok lalu lagu Indonesia Raya dengan lirik bernada penghinaan terhadap negara Indonesia, dan juga tentang Presiden Jokowi dan Presiden Soekarno. (MJR/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *