Penipuan Dua Pengusaha Travel Umrah di Aceh, Uangnya untuk Bayar Utang

Ilustrasi tahanan. (Istimewa)
Bagikan:

Aceh – Polda Aceh tengah menangani dua kasus penipuan travel umrah yang menyeret para pemilik usaha dari dua perusahaan berbeda. Kedua tersangka berinisial AH (40), pemilik PT El Hanif Tour Travel dan KA (33), pemilik PT Istiqlal Sarana Wisata Tour and Travel. Kedua tersangka diduga telah menggelapkan uang jemaah umrah masing-masing sebanyak Rp891 juta dan Rp608 juta.

“Pemberkasan perkara masing-masing tersangka sudah rampung. Dalam kasus ini ada dua tersangka,” kata Dirreskrimum Polda Aceh Kombes Pol Sony Sanjaya di Banda Aceh, Senin (18/1/2021).

BACA JUGA :  Akun Facebook Arifin Hina Profesi Perawat Dilaporkan Ke Polisi

Kasus penipuan yang menjerat AH, warga Aceh Utara tersebut bermula pada April 2018. Saat itu sebanyak 47 orang sudah mendaftar dan menyetorkan biaya umrah. Setiap jemaah membayar di kisaran Rp17 juta – Rp23 juta sehingga totalnya Rp891 juta. AH pun menjadwalkan mereka berangkat pada Desember 2019. Namun sampai dengan tahun 2020 AH tak kunjung memberangkatkan jemaahnya ke Arab Saudi.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, AH beralasan tidak memberangkatkan jemaah karena perusahaannya bangkrut,” terang Sony Sanjaya.

Selain itu, ia juga menggunakan uang 47 jemaahnya tersebut untuk memberangkatkan umrah jemaah lain yang sudah lebih dulu mendaftar  dan menyetorkan uang di tahun sebelumnya.

Sementara tersangka KA yang merupakan warga Banda Aceh, diduga telah menggelapkan dana 27 jemaah umrah dengan total nilai Rp608 juta. KA menjanjikan akan memberangkatkan para calon jemaah pada Desember 2019. Namun para jamaah tak kunjung berangkat hingga 2020.

Kepada polisi, KA mengaku menggunakan uang jemaah untuk membayar utang dan keperluan pribadinya.

“Selain berkas perkara keduanya sudah rampung, penyidik juga masih mendalami keterangan-keterangan pihak terkait lainnya, untuk mencari apakah bisa ditetapkan tersangka baru atau tidak,” tandasnya. (Sdy/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *