Pentingnya Angka CT Value Saat Positif Covid-19

Ilustrasi tes Swab PCR
Bagikan:

Jakarta – CT Value (cycle threshold value) menjadi salah satu hal yang dipertanyakan saat terinfeksi Covid-19 selain positif atau negatif.

Sebagian laboratorium mengeluarkan hasil yang bersifat kualitatif yaitu menyatakan positif atau negatif saja, sedangkan laboratorium lain memberikan hasil yang tergolong kuantitatif, yaitu dengan menyatakan nominal dari CT Value.

Apa sebenarnya CT Value dan apa pentingnya angka tersebut?

Seorang pakar biologi molekuler Ahmad Rusdan Utomo mengatakan, CT Value adalah nilai yang didapat dari hasil tes swab polymerase chain reaction (PCR). Nilai ini bisa menggambarkan banyaknya partikel virus yang ada di dalam rongga pernapasan seseorang.

Angka CT Value ini memiliki peran yang berbeda dengan PCR. PCR akan menentukan apakah seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak, hanya saja, PCR tidak menghitung langsung jumlah partikel virus yang ada. Sedangkan CT Value akan membantu menghitung jumlah partikel infeksius (menular).

Nilai CT ini berbanding terbalik dengan kemampuan virus untuk menular ke orang lain. Artinya, semakin tinggi nilai CT, semakin rendah kemungkinan virus untuk menyebabkan infeksi

Peneliti menemukan virus dari sampel yang memiliki nilai CT lebih dari 34, tidak menimbulkan infeksi. Hal ini menyebabkan beberapa dokter menggunakan nilai CT untuk menentukan kemungkinan penularan penyakit lebih lanjut serta menetapkan apakah seseorang perlu melakukan isolasi mandiri lebih lanjut atau tidak.

Sebagai contoh, jika hasil CT Value seseorang berada di bawah angka 25, artinya kemungkinan jumlah partikel virus pada hidung orang itu sudah cukup banyak.

Semakin rendah CT Value, tingkat keparahan atau gejala Covid-19 yang bisa dirasakan pada pasien akan semakin tinggi.

Ini akan semakin berbahaya jika pasien memiliki komorbid atau penyakit penyerta. (Ody/IJS)

BACA JUGA :  Uji Klinis Vaksin Merah Putih Segera Dimulai, Eijkman Libatkan 5.000 Relawan

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *