Periksa Kiriman Gorengan untuk Tahanan, Polisi Temukan Tahu Isi Sabu

Penyelundupan sabu di dalam tahu goreng. (Istimewa)
Bagikan:

Samarinda – Berbagai modus penyelundupan narkoba ke dalam rumah tahanan (rutan) telah banyak dilakukan. Kali ini petugas berhasil mengagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu ke rutan Polsek Sungai Kunjang di Samarinda, Kalimantan Timur dengan modus dimasukkan ke dalam tahu isi.

“Petugas jaga melakukan pemeriksaan terhadap makanan titipan pengunjung untuk tahanan. Petugas menemukan ada tiga poket narkotika jenis sabu di dalam tiga gorengan. Masing-masing beratnya 0,18 gram, 0,20 gram, dan 0,22 gram,” ungkap Kapolsekta Sungai Kunjang, Kompol Bambang Budianto, Selasa (12/1/2021).

Tiga gorengan tersebut, imbuhnya, dicampur dengan gorengan lainnya yang dimasukkan ke dalam satu kantong kresek. Gorengan tersebut ditujukan kepada dua tahanan Polsek Sungai Kunjang, yakni Sulaiman (32) dan Ronal (30). Sulaiman merupakan tahanan kasus pencurian dan senjata tajam. Sementara Ronal merupakan tahanan kasus narkotika.

BACA JUGA :  KPK Jebloskan Mantan Bupati Bogor ke Sukamiskin

Petugas pun langsung menahan dan meminta keterangan pada pengantar makanan yang diketahui bernama Solikin. Namun dari pengakuannya, Solikin sama sekali tak tahu kalau ada sabu yang disembunyikan di dalam gorengan-gorengan tersebut. Ia mengaku hanya dimintai tolong oleh istri Sulaiman untuk mengantarkan makanan pada suaminya. Solikin mendapatkan upah Rp40 ribu.

Namun, berdasarkan keterangan Bambang, istri Sulaiman juga tak tahu menahu kalau ternyata gorengan yang diterimanya itu berisikan sabu. Sebab, sebelumnya Sulaiman meminta kepada istrinya meminjam uang sebesar Rp500 ribu. Uang itu kemudian diminta untuk diserahkan ke saudara Ronal bernama Bejo.

“Karena keduanya ingin mengonsumsi narkoba, maka keduanya memutuskan patungan untuk membeli sabu-sabu, mulanya Sulaiman menghubungi istrinya, Sulik Liarti, untuk meminjamkan uang sebesar Rp 500 ribu kepada temannya dengan dalih untuk biaya persalinan,” terang Bambang.

Setelah mendapatkan beberapa keterangan, petugas pun melakukan pengejaran terhadap Bejo. Jajaran Polsekta Sungai Kunjang pun berhasil mengamankan Bejo di kediamannya di Jalan AM Sangaji, Samarinda, Minggu (10/1/2021) lalu. (Sdy/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *