Pertama dalam Sejarah AS, Biden Tunjuk Transgender untuk Asisten Menkes

Presiden Terpilih Amerika Serikat, Joe Biden sumber: instagram
Bagikan:

Jakarta – Presiden Terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden menunjuk Rachel Levine sebagai asisten kesehatan untuk Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanuasiaan pada Selasa (20/1/21).

Levine akan menjadi pejabat transgender pertama dalam sejarah namun hal tersebut masih menunggu persetujuan Senat AS.

“Levine akan membawa kepemimpinan yang mantap dan keahlian penting yang dibutuhkan untuk membuat orang melalui pandemi ini – tidak peduli kode pos, ras, agama, orientasi seksual, identitas gender, atau disabilitas mereka,” kata Biden dalam sebuah pernyataan, dilansir Reuters, Rabu (20/1/21).

“Dia adalah pilihan bersejarah dan sangat memenuhi syarat untuk membantu memimpin upaya kesehatan administrasi kami,” kata Biden.

Levine masuk dalam bursa pencalonan bidang kesehatan pemerintahan Biden bersama dengan mantan Administrator Makanan dan Obat, David Kessler.

Biden mengatakan penanganan pandemi virus korona dan pemulihan ekonomi merupakan prioritas utama saat resmi menjabat Presiden.

Dalam sebuah kesempatan Biden menargetkan 100 juta warga AS mendapat dosis pertama vaksin korona dalam 100 hari masa jabatannya.

Jika hal ini dikonfirmasi, Kabinet Biden akan menjadi kabinet presidensial paling beragam secara rasial dalam sejarah AS.

Analisis CNN menemukan bahwa 50 persen calon untuk posisi Kabinet dan posisi di level Kabinet diisi oleh orang kulit berwarna.

Sosok itu termasuk Wakil Presiden terpilih Kamala Harris yang akan menjadi orang kulit hitam pertama, wanita pertama, sekaligus keturunan Asia Selatan pertama yang memegang posisi tersebut.

Kabinet itu juga akan menunjukkan sejumlah terobosan, beberapa di antaranya seperti Austin akan menjadi Menhan kulit hitam pertama dan Yellen akan menjadi wanita pertama yang menjabat Menkeu.

(ANS/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  PBB Desak Militer Myanmar Bebaskan Aung San Suu Kyi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *