PM Belanda Resmi Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte sumber: instagram
Bagikan:

Jakarta – Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte mengundurkan diri setelah diduga terlibat skandal sistem tunjangan untuk anak hingga membuat ribuan orang tua merugi, Jumat (15/1/21).

“Ini tentang puluhan ribu orang tua yang meraasa tertipu karena kegagalan kami,” kata Ruitte kepada wartawan, dikutip Reuters. 

Bacaan Lainnya

Sekitar 10.000 keluarga dipaksa untuk membayar masing-masing puluhan ribu euro, hingga menyebabkan pengangguran, kebangkrutan dan perceraian.

Pada pekan ini, pihak keluarga menuntut lima politisi termasuk Menteri Keuangan, Wopke Hoekstra dan Menteri Ekonomi, Eric Wiebes.

Orlando Kadir, seorang pengacara yang mewakili sekitar 600 keluarga dalam gugatan terhadap politisi, mengatakan orang-orang tidak bersalah telah menjadi sasaran.

Rutte dan kabinetnya akan terus menjalankan pemerintahan dalam kapasitas sebagai pengurus, dengan pemilihan umum sudah dijadwalkan pada bulan Maret.

Rutte telah menjalani masa jabatan ketiganya sebagai perdana menteri dan telah memimpin Belanda sejak 2010.

Sebelumnya, pemerintah Belanda menganggarkan 30.000 euro atau sekitar Rp510 juta untuk subsidi anak yang akan dibagikan ke sekitar 10.000 keluarga.

(ANS/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Empat Mobil Diserang Jihadis, 58 Orang Tewas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *