Polda Aceh Amankan 61 Kg Sabu Jaringan Internasional

Ilustrasi penangkapan pengedar sabu. (Istimewa)
Bagikan:

Aceh – Memasuki awal tahun 2021 jajaran Polda Aceh berhasil mengamankan 61 kilogram sabu dari jaringan internasional yang masuk melalui Pantai Timur Aceh. Dalam proses penyitaan sabu tersebut, polisi turut meringkus enam orang yang satu di antaranya harus ditembak karena melawan petugas.

“Keenam orang tersebut ditangkap di dua lokasi berbeda, yaitu di Lhoksukon, Aceh Utara dan Nurussalam, Aceh Timur. Ini penangkapan besar pertama kita di awal tahun,” ujar Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada kepada wartawan di Mapolda Aceh, Rabu (6/1/2021).

Wahyu pun mengungkapkan, profesi keenam tersangka tidak murni sebagai pengedar. Sebab rata-rata merupakan nelayan yang dimanfaatkan untuk memasok sabu melalui laut. Mereka menggunakan perahu motor untuk kemudian dipasarkan ke dalam maupun luar wilayah Aceh.  Adapun keenam tersangka yang ditangkap adalah AS (27), NU (55), EF (28), FA (29) dan MH (25).

BACA JUGA :  20 Orang Tertipu Modus Rekrutment Palsu Bank BNI 46, Pelaku Raup Puluhan Juta Rupiah

Dalam proses penangkapan, hanya RU yang diringkus di lokasi berbeda, yakni di Desa Buket Panjo, Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur. Sementara kelima tersangka lainnya dihadang saat berada di dalam mobil yang melintas di depan terminal Lhoksukon. Hanya RU juga yang mendapat hadiah timah panas dari polisi karena berusaha melawan saat akan ditangkap.

Dalam penangkapan RU, polisi menyita sebanyak 45 kg sabu, sedangkan 16 kg sabu disita saat melakukan penangkapan kelima tersangka lainnya. Selain itu, petugas juga menemukan satu pucuk senjata laras pendek dengan lima amunisinya, dua mobil, dan satu telpon satelit.

Wahyu menuturkan, penyergapan keenam tersangka ini berawal dari informasi yang menyebut akan ada pengiriman narkoba melalui laut menuju Kabupaten Aceh Utara. Dari situlah polisi melakukan penyelidikan sebelum akhirnya melakukan penangkapan. (Sdy/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *