Polisi Amankan Selebgram, Kasus Penjualan Surat Hasil PCR Palsu

Ilustrasi pengambilan sampel swab PCR Covid-19. (Foto: Istimewa)
Bagikan:

Jakarta – Seorang selebgram berinisial R ditangkap jajaran Polda Metro Jaya atas dugaan penjualan surat hasil swab polymerase chain reaction (PCR) Covid-19 palsu. Selebgram berjenis kelamin pria tersebut ditangkap di salah satu villa di Canggu, Kuta Utara, Badung, Senin (4/1). Polisi pun menduga beberapa surat hasil PCR palsu itu sudah dipakainya sendiri untuk berlibur ke Bali.

“Pelaku datang ke Bali dan menyewa salah satu villa di Canggu, Kuta Utara. Yang melakukan penangkapan semua dari Pola Metro. Jadi Krimsus Polda Bali hanya memfasilitasi saja. Seperti memberi ruang pemerikaan. Setelah selesai diperiksa, pelaku langsung dibawa ke Jakarta,” terang Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Syamsi saat dikonfirmasi, Rabu (6/1/2021).

Bacaan Lainnya

BACA JUGA :  Dituduh Menggoda, Pekerja Kafe di Mojokerto Dianiaya Hingga Tewas

Polisi melakukan pemeriksaan terhadap R selama 7 jam, yakni dari pukul 14.00 hingga pukul 19.00 WITA. Penangkapan Selebgram ini merupakan tindak lanjut dari hasil pemeriksaan rekannya yang lebih dulu diringkus oleh Polda Metro Jaya.

Berdasarkan keterangan yang ada, R berperan mengunggah dan menjual surat hasil swab PCR palsu tersebut ke pengikutnya. Sudah ada beberapa surat yang terjual dan digunakan oleh para pembelinya untuk memenuhi persyaratan melakukan perjalanan dalam negeri, termasuk ke Bali. R menjual per lembar surat seharga Rp100 ribu.

Adapun pada surat tersebut tertulis nama salah satu klinik di Jakarta. Namun klinik yang namanya dicatut tersebut tidak pernah mengeluarkan surat hasil swab PCR.

Sementara itu, kuasa hukum pelaku, Benny Hariyono menyebut bahwa surat tersebut bukan dibawa oleh R, melainkan oleh seseorang bernama Adita. (Sdy/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *