Polisi Ungkap Kasus Produksi Kosmetik Ilegal Rumahan, Sudah Beroperasi 20 Tahun

Bareskrim Polri menyita bahan kimia (prekursor) dan alat-alat mesin yang diduga digunakan untuk memproduksi kosmetika ilegal di kawasan Jakarta Utara. (Istimewa)
Bagikan:

Jakarta – Jajaran Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri telah mengungkap adanya praktek pembuatan kosmetik secara ilegal yang dilakukan oleh seorang perempuan di rumahnya yang terletak di jalan Bandengan Selt, Penjaringan, Jakarta Utara. Produk-produk kosmetik ilegal tersebut biasa dikirimkan ke berbagai salon kecantikan di Jakarta Utara dan daring.

“Tim berhasil menemukan tempat produksi di sebuah rumah serta menyita bahan kimia (prekursor) dan alat-alat mesin yang diduga digunakan untuk memproduksi kosmetika ilegal,” ujar Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Halomoan Siregar dalam keterangannya, Selasa (19/1/2021).

BACA JUGA :  Izin Cuti, ASN Dinkes Kotawaringin Kedapatan Kirim Sabu

Seorang perempuan berinisial R langsung ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka. Selain itu, berdasarkan hasil pemeriksaan, tersangka mengaku sudah memproduksi kosmetik ilegal tersebut selama 20 tahun. Bahkan tersangka turut mempekerjakan beberapa orang dalam membuat kosmetik ilegalnya. Krisno pun menegaskan, tersangka tidak memiliki keahlian kefarmasian dalam membuat kosmetik di kediamannya.

Dalam kasus ini, tersangka telah melakukan tindak pidana di bidang kesehatan karena memproduksi dan mengudarakan sediaan farmasi berupa beberapa produk kosmetika sebagaimana dimaksud dalam pasal 197 subsidair pasal 196 UURI Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

Pengungkapan kasus ini bermula berdasarkan informasi masyarakat adanya produksi kosmetik ilegal yang diedarkan pada salon kecantikan di wilayah Jakarta Utara dan perdagangan online. (Sdy/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *