POLRI dan KPK , Isu Polhukam Paling Disorot Media Minggu Ini

Bagikan:

Jakarta – Dalam hal isu politik, hukum  dan keamanan nasional, institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Komisi Pemberatan Korupsi  (KPK) merupakan dua institusi yang paling banyak diperbincangkan di media sosial, dari tanggal 30 Desember – 06 Januari 2020.  Kedua institusi ini juga sekaligus paling banyak diberitakan di media daring.

Berdasarkan hasil bacaan mesin big data, Sciograf Indonesia, terdapat  134.299 perbincangan tentang kepolisian di media sosial twitter, dan menyusul  KPK yang  diperbincangkan sekitar 16,263 kali.  Perbincangan tentang kepolisian terdiri atas  81,7  dan tentang KPK berkisar  9,9 persen,  dari total perbincangan isu politik, hukum dan keamanan.  Selebihnya memperbincangkan tentang  institusi  Kejaksaan, Mahmakah Agung, Kemenkumham  dan Kemenko Polhukam.

Tak jauh berbeda, Kepolisian juga paling banyak diperbincangkan di media sosial facebook.  Sebanyak   1,494 kali atau sekitar 80,5 persen dari total perbincangan masalah politik dan kemanan di media pertemanan tersebut. Menyusul Kejaksaan diperbincangkan sekitar 160 kali atau sekitar 8,6 persen dari total perbincangan.

Posisi perbincangan di media daring  kurang lebih sama, terdapat sekitar 76,5 persen atau  13,830 kali pemberitaan tentang intitusi kepolisian dan kejaksaan memperoleh  10 persen atau sekitar 1,800 kali perbincangan.

Seperti diketahui, beberapa hari belakangan ini, terdapat beberapa  isu Polhukam yang memang ramai menjadi perbincangan publik di media.  Seminggu terakhir,  isu seputar Polhukam relatif banyak bergeser.  Pada minggu sebelumnya, perbincangan dan pemberitaan lebih banyak pada isu penanganan kasus FPI.  Sementara pada seminggu terakhir ini,  tema perbincangan bergeser ke isu keberhasilan Polri membongkar jaringan teroris di Makassar dan isu tentang pengawalan distribusi vaksin.

Isu paling banyak diberitakan media adalah keberhasilan Densus 88 Anti Teror Mabes Polri mengamankan dua teroris di Makassar, di salah satu komplek perumahan di Kecamatan Biringkanaya. Polisi diberitakan melakukan olah TKP rumah terduga teroris di Kompleks Villa Mutiara Cluster Biru,  Makassar (6/1/2021).

BACA JUGA :  Senator Termuda Minta BPN Selesaikan Konflik Agraria di Sumsel

Pemberitaan juga banyak berkisar pada  rencana kegiatan vaksinasi massal yang akan dimulai pada tanggal 13 Januari 2021. Dimana kepolisian banyak diberitakan seputar  kegiatan pengawalan distribusi maupun kegiatan vaksinasi nantinya. Dimana rencananya, setelah penyuntikan pertama kepada Presiden Jokowi,  akan disusul  beberapa menteri, pejabat tingkat pusat yang pimpinan kementerian/lembaga.

Selain itu, pemberitaan juga banyak membahas isu tentang  Kapolri, Jenderal  Idham Azis yang telah mengajukan Surat Permohonan Pengganti Kapolri ke Presiden Jokowi,  sebagai permohonan penunjukan penggantinya. Seperti diketahui Jenderal Idham, akan memasuki masa pensiunnya pada awal Februari tahun ini. (ILP/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *