Polri Kerahkan 83.665 personel Untuk Amankan Vaksinasi Nasional

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono
Bagikan:

Jakarta – Rencananya Polri akan mengerahkan 83.665 personel untuk kegiatan pengamanan terhadap program vaksinasi Covid-19 secara nasional yang akan dilakukan pada Februari 2021.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, vaksin sudah diamankan sejak datang di Bandara Soekarno Hatta, hingga nantinya dilakukan vaksinasi kepada masyarakat di sejumlah titik. Pengamanan tersebut dilakukan bersama dengan TNI.

“Polri melibatkan 83.566 personel yang digelar demi menyukseskan program vaksin nasional tersebut,” ujar Rusdi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/1/2021).

Menurut Rusdi, Polri akan memastikan vaksinasi nasional berjalan dengan lancar dan aman. Kendati demikian, dia tidak merinci pembagian personel yang dikerahkan di tiap lokasi pendistribusian vaksin.

“Mudah-mudahan berjalan dengan baik, dengan lancar dan juga aman,” ucap Rusdi.

Selain mempersiapkan pengamanan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada bulan Desember 2020 juga telah mempersiapkan 12.408 tenaga kesehatan (nakes) yang telah dilatih untuk menjadi vaksinator di 21 provinsi

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Oscar Primadi mengatakan, jumlah 12 ribu tenaga vaksinator terkumpul hingga tanggal 5 Desember 2020.

Oscar menambahkan, workshop untuk persiapan vaksinator juga sudah diikuti 29.635 orang di 34 provinsi. Sebelumnya, pada November 2020, ada 7.000 dari 23.000 target tenaga kesehatan yang dilatih menjadi vaksinator.

Oscar mengakui, ada dua tantangan terbesar dalam distribusi vaksin. Pertama, terkait kendala geografis. Indonesia besar sekali. Masih ada daerah yang disebut terpencil, perbatasan, dan kepulauan, kata dia. Kedua, soal tata kelola cold chain (rantai dingin) untuk menjaga kualitas vaksin.

(Nad/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Demokrat Versi KLB Akui Pilih Yusril Ihza Sebagai Kuasa Hukum

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *