Qatar dan Arab Saudi Umumkan Buka Penerbangan Kembali Pekan depan

ilustrasi maskapai milik Qatar, Qatar Airways sumber: instagram
Bagikan:

Jakarta – Maskapai penerbangan Qatar dan Arab Saudi mengumumkan dimulainya kembali perjalanan udara antara kedua negara pada pekan depan. Hal ini diumumkan setelah bertahun-tahun rute tersebut ditutup akibat perselisihan.

Dilansir Al-Jazeera, menjelang KTT Dewan Kerja sama Teluk (GCC) ke-41 yang diadakan di Arab Saudi, kerajaan tersebut setuju membuka kembali perbatasan dengan Qatar, Minggu (10/1/21).

Saudi Arabian Airlines mengatakan, akan mengoperasikan kembali dari ibu kota Riyadh  dan kota Jeddah ke ibu kota Qatar, Doha pada Senin (11/1/21) mendatang.

Selain itu, maskapai nasional Qatar juga mengumumkan hal serupa pada media sosial Twitter Resmi miliknya.

Televisi pemerintah Saudi, Al-Ekhbariya menayangkan cuplikan mobil Qatar memasuki kerajaan melalui penyeberangan perbatasan Salwa.

Sekitar 68 mobil memasuki Arab Saudi melalui penyeberangan, sementara 20 lainnya berangkat ke Qatar pada Sabtu (9/1/2021), kata seorang pejabat bea cukai Saudi.

“Penyeberangan beroperasi penuh. Kami menyambut warga Qatar,” kata kepala bea cukai di penyeberangan Salwa, Ali al-Aklabi kepada kepada Al-Ekhbariya.

Qatar dan sejumlah negara sekutu menyepakati membuka blokade Qatar pada Selasa lalu yang ditengahi Amerika Serikat.

Dalam perundingan yang dilakukan secara tertutup itu, Arab Saudi bersama dengan Bahrain, Mesir dan Uni Emirat Arab (UEA) sepakat mencabut blokade darat, laut dan udara terhadap Qatar.

Sebagai gantinya, Qatar akan mencabut seluruh gugatan yang dilayangkan kepada negara tetangganya itu terkait blokade.

(ANS/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Menlu Singapura Akan Kunjungi Brunei Hingga Indonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *