Revisi Segera UU, DPD Dorong Pemda Siapkan Dana Siap Pakai

Bagikan:

JAKARTA – Anggota Komite II DPD RI Andri Prayoga Putra Singkarru meminta Pemerintah Daerah mempersiapkan dana siap pakai atau dana tanggap bencana. Dana tersebut bisa dialokasikan dari APBD yang dapat dipergunaakan dalam kondisi darurat.

“Indonesia rawan bencana. Untuk itu Pemerintah Daerah seharusnya mempersiapkan dana siap pakai atau dana tanggap bencana. Dana ini bisa dikelola oleh BPBD, karena bencana tidak bisa diprediksi, bisa kapan saja datang secara tiba-tiba,” jelas Andri Prayoga Putra Singkarru, Rabu (13/1/2021).

Ditambahkannya, pada akhir-akhir ini frekuensi terjadinya bencana di wilayah Indonesia secara kualitatif dan kuantitatif jenisnya cenderung meningkat, baik bencana yang disebabkan karena faktor alam, non-alam, maupun sosial.

Ketentuan ini sebenarnya diatur dalam UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Namun dalam perkembangannya, pengaturan dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana terdapat beberapa ketentuan yang sudah tidak sesuai dan belum terakomodir di dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Komite II DPD RI, lanjut dia, tentu berkomitmen revisi dari UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dapat berisikan sistem atau pengaturan penanggulangan bencana yang lebih terencana dan terpadu.

“Kami berharap revisi dari UU ini dapat berisikan sistem dan pengaturan penanggulangan bencana yang lebih terencana dan terpadu,” jelasnya.

Sejauh ini, sambung dia, penetapan status bencana sangat lambat atau 3 X 24 jam. Padahal status bencana ini sangat mempengaruhi bagamana bantuan dan anggaran bisa sampai kepada yang membutuhkan.

Tidak hanya itu, kewenangan masing-masing instansi baik pusat dan daerah masih terasa kaku terhadap penanggulangan bencana.

“Jadi terkesan sangat lambat dan sulit untuk mendapatkan bantuan, padahal sangat dibutuhkan dan harus cepat dalam pelaksanaannya,” ungkap Andri Prayoga . (ijs/ful)

BACA JUGA :  Usai Disuntik Vaksin Sinovac, Ini Kata Jokowi kepada Seluruh Masyarakat Indonesia!

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *