Ribuan Rumah di Babel Kebanjiran, Senator Alexander Ingatkan Pemda Soal Pencegahan

Bagikan:

Pangkalpinang– Ribuan rumah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terendam banjir. Anggota DPD RI Dapil Babel, Alexander Fransiscus meminta pemerintah daerah segera memberi bantuan kepada warga.

Berdasarkan informasi dari BPBD, banjir terjadi di 6 daerah yang ada di Babel yakni Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Belitung, dan Kabupaten Belitung Timur.

“Pemerintah harus segera tanggap bencana dan memberi bantuan kepada warga yang terdampak banjir,” ungkap Alexander Fransiscus, Rabu (13/1/2021).

Banjir di Babel ini dipicu pasangnya air laut (rob) dan juga karena curah hujan tinggi dalam dua hari terakhir. Alexander meminta pemda agar bisa menangani banjir di daerahnya masing-masing dengan sigap.

“Prioritas adalah menyelamatkan warga. Jika memang banjir semakin parah, evakuasi warga terutama bagi lansia, bayi, anak-anak, ibu hamil dan ibu menyusui,” jelas Anggota Komite II DPD itu.

“Dan untuk warga, segera mengungsi di tempat yang aman jika kondisi sudah tidak memungkinkan,” sambung Alexander.

Banjir rob diketahui juga melanda kawasan Pantai Kebang, Kabupaten Bangka Tengah yang menyebabkan jalan utama menuju Kota Pangkalpinang macet total. Air laut membawa pasir pantai yang menutupi jalan.

Alexander meminta agar pihak kepolisian dan TNI turut membantu penanganan banjir ini. “Personel TNI/Polri harus lebih banyak diterjunkan untuk membantu mengatasi dampak dari banjir,” ucapnya.

Bencana banjir di Babel sebenarnya hampir terjadi setiap tahun saat musim hujan. Ini disebut menjadi pekerjaan rumah bagi pemda.

“Bencana banjir rob kan memang sudah jadi langganan setiap musim hujan. Pemda harusnya lebih memprioritaskan untuk menyelesaikan permasalahan ini,” kata Alexander.

Senator muda ini pun mendukung adanya kebijakan pencegahan banjir di Babel, termasuk upaya normalisasi saluran air di daerah yang rawan banjir. Alexander memastikan siap mengawal penyelesaian masalah banjir di Babel.

BACA JUGA :  Pastikan Vaksin Gratis Sampai di Titik Sasaran, Bustami Zainudin: Tindak Oknum yang Mengambil Keuntungan

“DPD akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar urusan banjir di Babel ini bisa terselesaikan,” sebutnya. (ijs/elz).

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *