Risma Liburan ke KBS, Warganet: Rakyat di Rumah Saja, Biar Pejabat yang Liburan

Bagikan:

Surabaya – Menikmati liburan Tahun Baru, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) memilih jalan-jalan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS). Padahal, Pemerintah tengah gencar berkampanye menghimbau masyarakat di rumah saja untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Saat bersama cucu dan keluarganya di KBS, Risma tidak banyak bicara. Hanya fokus menemani cucu dari anak pertamanya.

“Ayo Kak sini sama Uti (nenek) bareng jerapah. Kakak mana, ayo sini Kak,” kata Risma kepada cucu pertamanya.

Sambil berswafoto bersama jerapah dan beberapa binatang kolek KBS lainnya, mantan Wali Kota Surabaya tersebut juga mengajari cucunya dengan memberi tahu nama-nama binatang yang mereka temui.

Kehadiran Risma sontak membuat pengunjung heboh. Perhatian pengunjung langsung tertuju kepada Risma. Sebagai wali kota selama dua periode dan menjadikan kota Surabaya menjadi lebih sejuk karena banyak taman-taman baru selama masa kepemimpinannya di Surabaya, membuat Risma dicintai warga Surabaya. Apalagi keberaniannya membubarkan komplek pelacuran terbesar se-Asia Tenggara, Dolly, warga Surabaya begitu menghormatinya. Beberapa waktu lalu, Risma harus pindah ke Jakarta meninggalkan warga Surabaya, untuk memikul amanah lebih besar sebagai Mensos.

Wajar, jika para pengunjung mengabadikan momen ini. Pun, tidak sedikit yang meminta foto bersama politisi PDIP itu.

Sebelum menyelesaikan liburannya, Risma menyempatkan foto bersama tim KBS, Kepolisian, TNI dan anggota Pramuka. Dia juga meladeni permintaan foto pengunjung.

“Iya, ayo sini (foto bareng), tapi jaga jarak,” ujarnya kepada para pengunjung yang meminta foto.

Saat ditanya tujuannya ke KBS, Risma hanya menjawab main bersama keluarga.

Tidak sulit bagi pengunjung dan crew KBS berswafoto dengan Risma. Pasalnya, menteri berusia 59 tahun itu tidak didampingi jajaran Kementerian Sosial (Kemensos). Ia hanya bersama keluarga dan didampingi petugas dan karyawan KBS saja.

BACA JUGA :  Sambutan Hangat Didapat Ketua DPD RI Saat Ramah Tamah dengan Walikota Sorong

Ditemui terpisah, Humas KBS Agus Supangkat mengaku, tujuan Risma ke kebun binatang yang dikelolanya bukan sebagai Mensos. Melainkan sebagai pengunjung yang berlibur bersama keluarga.

Sebelumnya, Risma sempat disorot saat awal menjadi Mensos blusukan ke kolong jembatan Pramuka, Pasar Senen, Jakarta Pusat, dekat kantor barunya, Kementerian Sosial.

Pakar kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah mengatakan, Risma melanggar aspek keteladanan. Mengingat kehadirannya memantik kerumunan.

“Aturan terkait protokol kesehatan kan untuk semuanya. Termasuk pejabat. Justru pejabat itu harus jadi role model,” ucap Trubus.

Trubus mengatakan, penyusunan regulasi bakal sia-sia jika pejabat yang melanggar.

“Pejabat itu harus memberikan edukasi, tapi ini malah masyarakat yang mengedukasi pejabat,” sindirnya.

Untuk para pejabat, lanjut Trubus, harus memposisikan aturan protokol kesehatan sebagai larangan.

“Ini kan norma hukum. Seperti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 6/2020 bagi kepala daerah yang melanggar protokol kesehatan, maka ancamannya dicopot,” sambung Trubus.

Dia menegaskan, Risma seyogyanya diberikan teguran. Apalagi, saat ini Pemerintah sangat serius menindak pelanggar protokol kesehatan.

Warganet juga mengomentari Risma yang liburan. Akun @yudhigtu iri melihat Risma bisa berlibur bersama keluarganya. “Rakyat di rumah saja, biar pejabat yang liburan. Oke baiklah,” katanya.

“Baik bu, saya di rumah saja,” kesal @bleomoonlight. “Selamat bersenang-senang, Bu,” sindir @dursalim2016.

(Nad/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *