RSUD Babel Layani Pasien Corona Gratis, Senator Alexander: Tetap Beri Pelayanan Maksimal

Bagikan:

Pangkalpinang – Rumah Sakit Infeksi dan Karantina Covid-19 RSUD Dr (HC) Ir Soekarno Bangka Belitung (Babel) akan segera dioperasikan. Anggota DPD RI Dapil Babel, Alexander Fransiscus mengingatkan Pemprov untuk memberi pelayanan terbaiknya bagi warga.

“Kita menyambut baik RS untuk pasien Covid di Babel ini ya. Dibukanya Rumah sakit yang juga bisa untuk karantina pasien Corona ini bentuk pelayanan nyata pemerintah untuk warganya,” ungkap Alexander Fransiscus, Rabu (19/1/2021).

Rumah Sakit Infeksi dan Karantina Covid-19 Babel sudah selesai dibangun dan akan mulai dibuka esok hari, Kamis (21/1). Rumah sakit tersebut disiapkan mengingat tingginya tingkat kebutuhan ruang serta perawatan yang standar dalam menangani pasien Corona.

“Pemerintah sudah memastikan pasien Corona yang dirawat atau dikarantina di RSUD Dr (HC) Ir Soekarno akan mendapatkan pelayanan secara gratis. Rumah sakit ini menerima pasien Corona dalam kondisi ringan hingga berat,” jelas Alexander.

Anggota Komite II DPD RI ini pun mengingatkan agar pelayanan tetap dilakukan sesuai standar meski pasien tidak dipungut bayaran. Pelayanan kesehatan kepada warga, kata Alexander, merupakan kewajiban dari pemerintah.

“Sekalipun pasien dirawat secara gratis, pihak rumah sakit harus memastikan pelayanan maksimalnya. Jangan karena mereka tidak membayar lantas pelayanan yang didapat juga seadanya. Jadi tetap harus dilayani secara baik. Pihak Pemprov harus melakukan pengawasan terkait hal ini,” tegasnya.

RSUD Dr (HC) Ir Soekarno sudah dilengkapi dengan fasilitas dan alat kesehatan yang memadai sehingga bisa memberi pelayanan yang optimal kepada pasien Corona. Harapannya agar bisa meningkatkan angka kesembuhan serta menurunkan angka kematian akibat Covid di Babel.

Bahkan rumah sakit ini juga telah memiliki alat pengambilan plasma konvalesen agar pendonor dapat memberikan plasma darahnya untuk membatu kesembuhan pasien Corona. Para penyintas Covid yang memenuhi kriteria bisa mendonorkan plasma darahnya di RSUD Dr (HC) Ir Soekarno.

BACA JUGA :  Anggaran Rp33 T untuk Subsidi Pupuk, Jokowi Merasa Ada yang Janggal

“Ini suatu terobosan yang membanggakan. Karena dalam waktu relatif singkat, Pemprov berhasil menyiapkan fasilitas kesehatan yang sangat baik untuk menunjang kesembuhan pasien Corona di Babel,” kata Alexander.

“Keberhasilan plasma konvalesen ini memiliki tingkat penyembuhan yang baik. Tapi calon pendonor harus melalui standar pemeriksaan yanh sesuai dengan screening kesehatan terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk meminimalisir penularan penyakit lainnya kepada pasien,” tambah salah satu senator muda ini.

Hingga Senin (18/1), diketahui kasus Corona di Babel mencapai 3.541 kasus. Sebanyak 612 orang masih dalam perawatan atau isolasi. Sementara itu kasus meninggal ada 65 orang.

Meski begitu, Satgas Penanganan Covid-19 mengungkap angka kesembuhan pasien Corona yang cukup tinggi di Babel. Bahkan angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Bangka mencapai 92,1%.

“Saya kira ini suatu hal yang patut disyukuri. Angka kesembuhan pasien Corona yang baik menunjukkan kesiapan Pemda dan Satgas di daerah tersebut. Saya secara pribadi memberi apresiasi kepada Kabupaten Bangka,” tutup Alexander. (ijs/elz)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *