Rugi, Jika Lewatkan Manfaat dari Sayur Klentang

Penampakan daun kelor beserta buahnya, klentang. Foto: grid.id
Bagikan:

Jakarta – Bagi penyuka sayur bening, pastinya sudah tidak asing lagi dengan daun kelor. Selain daunnya, ternyata buah kelor atau biasa disebut klentang juga bisa dikonsumsi. Namun belum banyak orang tahu jika ternyata klentang mengandung berbagai manfaat.

Secara umum klentang mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, fosfor, kalsium, zatbesi, protein, serat. Selain itu klentang memiliki sifat sebagai anti inflamasi, anti mikroba, dan anti bakteri.

Bacaan Lainnya

Mengkonsumsi sayur klentang secara rutin dapat menjaga tubuh dari penyakit influenza (flu). Klentang mengandung vitamin C yang mampu menguatkan sistem imun tubuh.

Sifat anti inflamasi pada klentang mampu melawan radikal bebas, terutama akibat stress aksidatif, kerusakan molekul sel, dan peradangan. Selain itu sifat antibakterinya mampu mencegah terjadinya infeksi pada tenggorokan, dada, dan kulit. Bahkan klentang dipercaya mampu mengobati infeksi jamur.

Kandungan vitamin A, C, E, serta mineral seperti kalsium, protein, dan kalium menjadi sumber makro nutrient yang penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Kandungan zat besi dan kalsium pada klentang dipercaya mampu menjaga kesehatan dan menguatkan tulang.

Vitamin A pada klentang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan mata, menguatkan kornea, dan mencegah peradangan. Selaiitu vitamin C-nya juga dapat mencegah kerusakan pembuluh darah pada orang yang menderita diabetes tipe satu.

Jadi, siapa yang tertarik mencobanya? (Zak/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Terapi Lintah, Berikut Manfaat Hingga Efek Sampingnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *