Secara Tiba-tiba, Trump Cabut Pembatasan Perjalanan Terkait Covid-19

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump sumber: instagram
Bagikan:

Jakarta – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mencabut pembatasan perjalanan untuk sebagian besar negara di Eropa, Inggris, dan Brasil ditengah peningkatan kasus Covid-19, Senin (18/1/21).

Dilansir CNN, perintah eksekutif yang dikeluarkan Senin malam itu, efektif dilakukan pada 26 Januari 2020, atau seminggu setelah ia meninggalkan kantor kepresidenan.

Trump mengatakan, langkah ini diambil bedasarkan saran Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, Alex Azar. Namun, pihaknya menegaskan tetap memberlakukan pembatasan perjalanan dari Iran dan China.

“Saya setuju dengan Sekretaris bahwa tindakan ini adalah cara terbaik untuk terus melindungi orang Amerika dari Covid-19,” tulis Trump dalam perintah tersebut.

Disisi lain, Presiden Terpilih AS, Joe Biden yang akan mengambil alih kursi kepresidenan pada hari Rabu besok melalui sekretaris persnya, Jen Psaki menegaskan, pemerintahannya tidak akan mencabut pembatasan tersebut.

“Dengan pandemi yang memburuk, dan varian yang lebih menular bermunculan di seluruh dunia, ini bukan saatnya untuk mencabut pembatasan perjalanan internasional,” kata Psaki di Twitter.

Tangkapan Layar Twitter Sekretaris Pers Joe Biden, Jen Psaki
sumber: twitter

Dalam cuitan selanjutnya ia juga mengatakan, menurut saran tim medis, Pemerintah AS tidak bermaksud untuk mencabut pembatasan ini pada pekan depan. Bahkan, pihaknya berencana untuk memperketat aturan terkait perjalanan internasional guna menekan penyebaran Covid-19.

Pada pekan lalu, Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengatakan, setiap wisatawan yang memasuki negara tersebut, diwajibkan menunjukan hasil tes negatif Covid-19.

Langkah tersebut diharapkan akan membantu memperlambat penyebaran virus korona.

(ANS/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Terdapat Konten Cabul, Pakistan Blokir TikTok

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *