Petani, Pedagang, dan Pegiat Literasi Gowa Sedekah Sayur untuk Korban Gempa Sulbar

Bagikan:

Jakarta – Para petani, pedagang sayur, dan pegiat literasi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menyumbangkan beragam jenis sayuran untuk korban gempa di Sulawesi Barat. Sayuran yang disumbangkan di antaranya adalah kol, sawi, tomat, wortel, daun bawang, labu siam dan ubi jalar.

“Bantuan sayuran ini diharapkan bisa bermanfaat untuk menyediakan makanan sehat bagi para korban gempa di Sulbar,” kata Jamaluddin Daeng Abu, pendiri Rumah Koran, sebuah rumah kegiatan literasi bagi anak-anak petani di Desa Kanreapia, Gowa, Sulsel.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini sendiri difasilitasi oleh Rumah Forum Literasi Sulawesi Selatan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan, Duta Baca Sulawesi Selatan, serta Rumah Koran. Aksi pengumpulan dan pengiriman bantuan sayuran ini mulai dilaksanakan sejak Sabtu (16/1) kemarin.

Jamaluddin menyampaikan, sayur–mayur tersebut dikumpulkan dari berbagai pihak di Perpustakaan Multimedia, dijalan Sultan Alauddin, Kota Makassar. Bantuan tersebut kemudian disatukan, dikemas untuk selanjutnya dibawa ke Sulawesi Barat.

“Bantuan sayuran ini diantarkan langsung oleh Ketua Forum Literasi Sulawesi Selatan Andika, untuk di distribusikan di Sulawesi Barat,” ujar Jamaluddin, kepada desaindonesia.info, Senin (18/1).

Daeng Paping, salah seorang petani yang ikut menyumbangkan sayuran hasil panennya berharap, sayuran tersebut dapat memberikan manfaat bagi para korban gempa yang juga membutuhkan asupan gizi. “Ke depan saya juga berharap semakin banyak yang bisa berkontribusi untuk berbagi sayuran ini agar volume sayur yang bisa disumbangkan bisa lebih banyak,” tegasnya.

Gempa mengguncang kawasan Majene, Sulawesi Barat, pada Kamis (14/1) lalu. Tercatat terjadi gempa dengan magnitudo 5,9 di lokasi: 2.99 LS, 118.89 BT dengan kedalaman 10 KM, 4 KM Barat Laut Majene-Sulbar.

BACA JUGA :  Pengungsi Sulbar Lahirkan di Posko TNI, Dokter Jelaskan Kronologinya

Gempa susulan juga kembali terjadi pada hari Jumat (15/1) pukul 01:28:17 WIB. Hasil Analisa BMKG menunjukkan, gempa susulan ini terjadi lebih kuat dengan magnitude 6,2. (MAR/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *