Senator Alexander Dukung Kelanjutan Program Kartu Prakerja di 2021

UMKM Babel
Bagikan:

JAKARTA – Anggota DPD RI Alexander Fransiscus mendukung kebijakan pemerintah yang melanjutkan program Kartu Prakerja pada tahun 2021. Program Kartu Prakerja diyakini bisa menumbuhkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah-daerah.

“Kami mendukung kebijakan pemerintah yang melanjutkan program Kartu Prakerja, salah satu program unggulan yang membantu warga saat pandemi virus Corona,” ujar Alexander Fransiscus, Jumat (1/1/2021).

Bacaan Lainnya

Kartu Prakerja merupakan salah satu program pemulihan ekonomi yang membantu korban PHK dan pekerja yang dirumahkan, terutama akibat pandemi Corona. Alexander menilai program Kartu Prakerja sangat bermanfaat untuk masyarakat.

“Program Kartu Prakerja memberikan manfaat senilai Rp 3.555.000 kepada setiap pekerjanya dengan insentif yang akan cair usai pelatihan. Ini betul-betul sangat membantu masyarakat, terutama yang baru saja kehilangan pekerjaan,” tutur Anggota Komite II DPD RI itu.

Alexander pun yakin program Kartu Prakerja dapat menumbuhkan pelaku UMKM. Sebab dengan Kartu Prakerja, masyarakat mendapat banyak keterampilan sekaligus insentif yang bisa digunakan sebagai modal.

“Keterampilan yang didapat melalui pelatihan-pelatihan di Program Kartu Prakerja bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis baru. Dengan begitu UMKM semakin tumbuh di setiap daerah,” kata Alexander.

Dengan berkembangnya UMKM, perekonomian di daerah pun bisa kembali bergeliat. Apalagi, kata Alexander, perekonomian masyarakat sempat terdampak akibat pandemi Corona.

“Semakin UMKM berkembang, maka perekonomian di daerah juga akan semakin bergeliat. Tentunya hal tersebut akan membantu percepatan pemulihan ekonomi Indonesia yang sempat terpuruk karena pandemi,” ucap senator asal Dapil Kepulauan Bangka Belitung tersebut.

BACA JUGA :  Bustami Nilai Program Bangkit Jadikan Mahasiswa Siap Bersaing di Era Teknologi

Alexander juga menilai, perkembangan UMKM juga akan mencetak pebisnis-pebisnis baru. Itu artinya, pekerja yang di-PHK bisa memiliki peluang mendapat pekerjaan baru.

“Ini menjadi simbiosis mutualisme yang akan saling menguntungkan, baik untuk pengusaha maupun pekerja,” kata Alexander.

Komite II DPD RI pun meminta kepada pemerintah daerah untuk memberi dukungan kepada para entrepreneur baru. Alexander menyebut perkembangan pengusaha juga dapat meningkatkan penghasilan daerah.

“Kami mendorong agar pemda memberi kemudahan bagi pelaku usaha, termasuk kemudahan izin untuk mendirikan usaha mereka,” ungkapnya.

Meski begitu, Alexander berpesan kepada peserta program Kartu Prakerja untuk melakukan inovasi jika ingin mendirikan usaha. Apalagi banyak peserta program Kartu Prakerja yang datang dari kalangan muda.

“Semakin inovatif, maka perkembangan usaha akan semakin lebih baik. Peluang usaha melebarkan sayapnya juga akan semakin besar,” tutup Alexander. (ijs/elz)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *