Senator Anna Latuconsina Minta Pemerintah Genjot Infrastruktur Wujudkan LIN Maluku

Sumber Foto : Annalatuconsina.net
Sumber Foto : Annalatuconsina.net
Bagikan:

Anggota DPD RI Anna Latuconsina meminta pemerintah tetap fokus menggarap proyek Lumbung Ikan Nasional (LIN) di Maluku. Meski dalam pandemi virus Corona (Covid-19), Anna berharap agar wacana LIN Maluku bisa segera terealisasi.

“Wacana Lumbung Ikan Nasional di Maluku harus terus didorong agar bisa berjalan sesuai dengan target,” ujar Anna Latuconsina dalam keterangan tertulis, Minggu (3/1/2020).

Laut Maluku yang biasa disebut sebagai golden fishing membuat pemerintah ingin menjadikan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional. Hal ini lantaran lautan Maluku yang tidak mengenal musim tangkap ikan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan ikan nasional, sebab penangkapan ikan bisa dilakukan kapan saja.

“Kekayaan laut di Maluku sangat menjanjikan untuk menjadi penopang penyediaan ikan nasional. Oleh karena itu, diperlukan sarana dan prasarana agar LIN Maluku bisa terwujud,” ucap Anna.

Senator asal Dapil Maluku ini juga menilai, persiapan LIN tidak hanya dibutuhkan dari segi sarana dan prasarana saja. Anna mengatakan, pemerintah juga harus memikirkan kesiapan sumber daya manusia (SDM) atau para nelayan agar LIN bisa berjalan dengan baik.

“Perlu ada pelatihan-pelatihan dan pembinaan kepada para nelayan. Sehingga hasil ikan yang akan didapatkan nanti memiliki mutu tinggi,” kata anggota Komite II DPD RI itu.

Pemprov Maluku sendiri disebut mendapat anggaran lebih dari Rp 1 triliun untuk membangun sarana prasarana LIN. Pemprov Maluku diminta turut memasukkan program pembinaan kepada nelayan dari anggaran tersebut.

“Pemprov juga harus memastikan proyek LIN ini berjalan, meski di tengah pandemi Corona,” ungkap Anna.

Anna juga berharap agar rencana LIN ini tidak ikut terdampak karena pergantian Menteri Kelautan dan Perikanan. Siapapun yang menjadi menterinya, Anna berharap agar tetap memprioritaskan perealisasian LIN Maluku.

BACA JUGA :  PPKM Melindungi Warga dari Acaman Wabah, Denty: Ini Bagian dari Prioritas

“Masyarakat Maluku mengharapkan agar LIN Maluku bisa segera terwujud. LIN diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan warga Maluku, yang banyak di antaranya berprofesi sebagai nelayan,” tuturnya.

Meski begitu, Anna mengingatkan kepada pemerintah untuk menyiapkan payung hukum untuk program nasional LIN. Apalagi dalam membangun LIN juga melibatkan beberapa kementerian dan instansi.

“Pemerintah harus membuat undang-undang untuk merealisasikan Lumbung Ikan Nasional Maluku, karena ini juga menyangkut soal anggaran. Jika tidak ada payung hukum, maka program ini akan sulit terealisasi,” tutup Anna.

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *