Senator Lampung Minta 7 Kepala Daerah yang Baru Dilantik Penuhi Janji Kampanye

Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian SY,
Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian SY,
Bagikan:

Bandar Lampung – Sebanyak 7 pasangan kepala daerah di Provinsi Lampung dilantik hari ini. Anggota DPD RI daerah pemilihan (dapil) Lampung, Ahmad Bastian SY mengingatkan agar paca calon kepala daerah tersebut fokus pada penanganan pandemi Covid-19 dalam program kerjanya.

“Selamat atas pelantikan teman-teman kepala daerah di Lampung. Selamat bertugas, dan kami harapkan bisa segera bekerja, khususnya dalam hal penanganan pandemi,” ungkap Ahmad Bastian, Jumat (26/2/2021).

Pelantikan digelar secara tatap muka pagi tadi di Balai Keratun Lantai III Komplek Kantor Gubernur Lampung, Bandar Lampung. Sebanyak 7 kepala daerah tersebut dilantik oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang mewakili Mendagri Tito Karnavian.

Adapun 7 kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020 di Lampung yang dilantik hari ini adalah Wali Kota dan Wakil Wali Bandar Lampung Eva Dwiana-Deddy Amarullah, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Metro Wahdi Sirajuddin-Qomaru Zaman. Kemudian Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Selatan Nanang Ermanto-Pandu Kusuma, Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur Dawam Raharjo-Azwar Hadi, Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona- S. Marzuki, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Tengah Musa Ahmad-Ardito Wijaya serta Bupati dan Wakil Bupati Waykanan Adipati Surya-Ali Rahman.

Sebenarnya, Kabupaten Pesisir Barat juga menjadi salah satu daerah di Lampung yang mengikuti Pilkada 2020. Namun karena masih bersengketa, pelantikan kepala daerahnya ditunda. Bastian pun berharap kepada 7 pasangan kepala daerah baru di Lampung untuk membuat program yang bisa memperbaiki perekonomian daerah.

“Pandemi sangat berdampak terhadap perekonomian daerah. Wali kota dan Bupati yang baru saja dilantik harus menyusun program-program pemulihan dampak pandemi,” kata Anggota Komite I DPD RI itu.

Bastian menunggu terobosan para kepala daerah tersebut untuk mensejahterakan warganya. Ia juga mengingatkan agar para kepala daerah amanah dalam menjalankan tugasnya.

BACA JUGA :  Anggota Komite II DPD Alexander Minta Pemerintah Gencar Sosialisasikan Holding UMi

“Wujudkan janji-janji kampanye dalam bentuk program yang mensejahterakan rakyat terutama pemulihan ekonomi dampak pandemi,” tegas Bastian.

“Daerah harus cepat bangkit karena wajah Indonesia tergantung dari wajah daerah. Daerah sejahtera Indonesia Jaya,” sambung mantan Anggota DPRD Lampung Selatan itu.

Pemprov Lampung memutuskan menggelar pelantikan 7 kepala daerah secara tatap muka, meski Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebelumnya mengimbau agar pelantikan dilakukan secara virtual. Meski begitu, proses pelantikan digelar secara ketat dengan protokol kesehatan.

Para kepala daerah yang dilantik hanya boleh ditemani pasangan suami atau istrinya saja. Sementara keluarga dan tamu undangan lainnya menyaksikan jalannya pelantikan secara virtual.

“Kami apresiasi Pemprov Lampung yang telah memberikan batasan-batasan dalam pelantikan kepala daerah. Kegiatan yang menimbulkan kerumunan memang harus dihindari agar tidak menyebabkan penyebaran virus Corona,” ujar Bastian.

Ucapan selamat kepada 7 kepala daerah Lampung yang baru dilantik juga datang dari Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. LaNyalla mengharapkan agar para kepala daerah membaktikan diri sepenuhnya untuk rakyat.

“Selamat kepada Wali Kota, Bupati, Wakil Wali Kota, Wakil Bupati di Lampung yang dilantik hari ini. Bekerjalah secara amanah membangun daerah, dan memastikan warganya sejahtera. Dari daerah, untuk Indonesia,” ucap LaNyalla. (elz/ijs)

 

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *