Senator Perempuan Sulsel Minta Tenaga Kesehatan Dapat Perlindungan Lebih

Bagikan:

Sebanyak 57 pegawai RSUD Batara Siang Pangkep, Sulawesi Selatan, terinfeksi virus Corona (Covid-19). Anggota DPD RI Dapil Sulsel, Lily Amelia Salurapa menyoroti protokol kesehatan (prokes) di rumah sakit tersebut.

“Banyak sekali pegawai di RSUD Pangkep yang terinfeksi Corona. Saya kira harus dievaluasi kembali protokol kesehatannya,” ujar Lily Amelia Salurapa, Sabtu (9/1/2021).

Dari 58 pegawai yang terinfeksi Corona, salah satunya termasuk Direktur RSUD Pangkep, dr Annas Ahmad. Lyly meminta penerapan protokol kesehatan di RSUD Pangkep semakin diperketat.

“Protokol kesehatannya harus diperketat. Bagaimana prosedur saat penerimaan pasien hingga penanganan,” ucap anggota Komite I DPD RI.

Sebanyak 58 pegawai RSUD Pangkep terkonfirmasi Corona diketahui setelah ada swab massal pada 4 Januari lalu. Total ada 1.063 orang yang dilakukan tes Corona.

“Setiap rumah sakit harus melakukan tes Corona secara berkala terhadap tenaga kesehatannya, termasuk pegawai non-medis. Antisipasi harus dilakukan untuk menghindari penyebaran virus Corona di lingkungan fasilitas kesehatan,” tutur Lily.

Pihak RSUD Pangkep memastikan tetap akan membuka pelayanan rumah sakit, karena mayoritas yang terinfeksi Corona merupakan tenaga staf. Lily menegaskan, pelayanan pasien tidak boleh terganggu.

“Penanganan pasien harus menjadi prioritas. Saya juga meminta perlindungan terhadap pasien dari paparan virus Corona di rumah sakit menjadi perhatian serius pihak RSUD,” ungkap senator asal Toraja ini.

Menurut keterangan pihak RSUD Pangkep, ada 3 dokter ahli, 6 perawat dan 9 apoteker yang terpapar virus Corona dari total 58 orang itu. Sisanya adalah staf manajemen.

“Tenaga kesehatan harus dilindungi. Kita harus memastikan para tenaga kesehatan ini tetap sehat, sebab merekalah yang menjadi garda utama pertolongan terhadap pasien Corona,” ungkap Lyly.

Petugas RSUD Pangkep yang positif Corona kebanyakan masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG). Mereka kini melakukan isolasi mandiri. Namun sebagian yang bergejala dirawat di rumah sakit untuk mendapat penanganan. Lyly mendoakan agar para pegawai RSUD Pangkep bisa segera sembuh.

BACA JUGA :  AHY Sebut Ada Upaya Perebutan Paksa Kekuasan Partai Demokrat

“Segala keperluan para petugas rumah sakit yang terpapar Corona harus dipenuhi. Dengan begitu mereka dapat pulih secepatnya agar bisa kembali melayani masyarakat,” kata perempuan pertama dari Sulsel yang menjadi anggota DPD RI tersebut.

Lyly juga mengajak masyarakat Sulsel untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan, apalagi kini penyebaran Corona masih tinggi. Ia pun meminta pemerintah daerah untuk melakukan langkah-langkah yang lebih lagi dalam penanganan pandemi Covid di Sulsel.

“Pemda harus cekatan dan segera melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap besarnya penyebaran Corona belakangan ini,” tutup Lyly. (ijs/elz).

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *