Siapa yang Pantas Disebut Pemain Bola Terbaik Sepanjang Masa?

Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (kanan)
Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (kanan) Foto: Goal
Bagikan:

Brasilia – Legenda sepakbola Brasil, Pele baru-baru ini membuat sebuah opini menarik tentang siapa pemain yang layak disebut pemain terbaik sepanjang masa. Menurutnya, bukan Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi, tapi banyak pemain yang bisa disebut terbaik.

Messi dan Ronaldo boleh dikatakan sebagai dua pemain terbaik di dunia yang masih aktif bermain hingga saat ini. Lebih dari satu dekade terakhir, keduanya begitu mendominasi jagat sepakbola di baik di level klub maupun level individual sejak tahun 2008 silam.

Rivalitas kedua pemain tersebut begitu terasa saat Ronaldo masih bermain untuk Real Madrid. Bahkan, meski sudah hengkang ke Juventus sedari 2018 kemarin, baik Ronaldo maupun Messi masih kerap dibanding-bandingkan soal pencapaian keduanya di klub maupun timnas negaranya masing-masing.

Perdebatan pun makin intens, pemberitaan makin panas, angka-angka statistik dan rekor yang bergantian dipecahkan menjadi acuan sekaligus pembenaran buat para pendukung kedua pemain kalau idolanya adalah yang terbaik dan pantas menyandang status Greatest of All Time (G.O.A.T).

Namun jika ditanyakan kepada Pele soal siapakah yang lebih baik antara Ronaldo atau Lionel Messi? Menurutnya, tidak ada satupun yang layak disebut sebagai terbaik sepanjang masa. Karena setiap jaman selalu bisa menghadirkan pemain-pemain terbaik berkualitas dunia.

“Soal pesepakbola terbaik sepanjang masa, itu pertanyaan yang sulit dijawab. Kami tidak bisa melupakan Zico, Ronaldinho dan Ronaldo da Lima. Dan di Eropa ada Franz Beckenbauer serta Johan Cruyff.” tegasnya seperti dilansir dari Sportskeeda. (far/ijs)

Bagikan:
BACA JUGA :  Ditahan Imbang Tim Papan Bawah, Koeman: Kami Bukan Lemah Tanpa Messi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *