Sorotan Senator Bastian Soal Kasus Kematian Akibat Corona di Lampung Capai 5,35%

Bagikan:

Bandar Lampung – Satgas Penanganan Covid-19 mengungkap angka kematian pasien Corona di Lampung berada di angka lebih dari 5%. Anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Lampung, Ahmad Bastian SY meminta Pemda dan Satgas daerah bekerja semaksimal mungkin untuk menurunkan kasus Corona.

“Menurut informasi dari Dinas Kesehatan Lampung, kemarin ada tambahan 118 kasus baru sehingga total kasus Corona di Lampung sampai 17 Januari 2021 itu sudah 8.143 orang,” ungkap Ahmad Bastian, Senin (18/1/2021).

Dari 8.143 kasus itu, sebanyak 8.025 merupakan kasus lama dengan suspek Corona terbaru ada 335 kasus. Total kematian akibat Covid di Lampung sebanyak 433 orang. Bastian pun menyoroti angka kematian pasien Corona di Lampung yang cukup tinggi.

“Data terakhir, angka rata-rata kematian pasien Corona tingkat nasional ada di kisaran 3%. Tapi Lampung untuk Case Fataly Rate ada di 5,35%. Ini harus jadi perhatian serius untuk Pemprov dan Satgas Penanganan Covid-19 di Lampung,” ucap Bastian.

Satgas Penanganan Covid-19 Lampung menyebut angka reproduksi efektif Covid-19 di Lampung berfluktuasi antara 0,19 sampai 1,05 atau masih berada di atas angka 1. Data tersebut merupakan data dalam dua pekan terakhir. Bastian meminta masyarakat untuk tidak menganggap enteng kondisi ini.

“Pandemi Corona belum sepenuhnya terkendali. Saya meminta kesadaran masyarakat Lampung untuk betul-betul mematuhi protokol kesehatan, karena kondisi saat ini trennya sedang kurang baik karena tingginya peningkatan kasus Corona,” sebut anggota Komite I DPD RI itu.

“World Health Organization (WHO) atau organisasi kesehatan dunia sudah mengingatkan pandemi Corona di tahun kedua ini kemungkinan akan lebih buruk dibandingkan tahun 2020. Oleh karena itu, masyarakat harus waspada,” sambung Bastian.

BACA JUGA :  Alexander Fransiscus: Masyarakat Tak Perlu Takut Jika Terinfeksi Corona

Total kematian akibat Corona di seluruh dunia sudah mencapai dua juta orang lebih sejak awal pandemi. Saat ini pemerintah sedang memulai program vaksinasi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Meski begitu, kata Bastian, vaksin bukan jaminan untuk membuat manusia kebal dari Corona.

“Vaksin berguna untuk menebalkan antibodi kita dari serangan virus, bukan berarti membuat kita tidak bisa terpapar atau terinfeksi Covid-19. Kunci utamanya adalah disiplin melakukan protokol kesehatan,” kata mantan anggota DPRD Lampung Selatan tersebut.

Saat ini, masih ada 6 daerah di Lampung yang masuk dalam zona merah. Adapun 6 daerah itu adalah Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Metro, dan Tanggamus.

Bastian meminta Pemprov Lampung dan jajaran Pemda di daerah-daerah tersebut untuk berusaha menurunkan status wilayahnya dari zona risiko tinggi Corona. Sementara daerah yang masuk dalam zona oranye atau risiko sedang juga diharapkan untuk menurunkan status agar masuk dalam zona hijau atau zona risiko rendah Covid-19.

“Pemda dan Satgas daerah di Lampung harus bekerja ekstra menurunkan status zona risiko Corona. Sosialisasi dan penerapan disiplin protokol kesehatan (Prokes) harus semakin ditingkatkan lagi. Semua harus bergandengan tangan. Kita pasti bisa melewati badai pandemi ini,” tutup Bastian. (ijs/elz)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *