Tanggul Era Ahok Buat Warga Kampung Pulo Santai Hadapi Banjir di Jakarta

Tanggul Kampung Pulo
Tanggul Kampung Pulo (Foto: Harian Pijar)
Bagikan:

Jakarta – Hujan terus membasahi DKI Jakarta beberapa hari lalu. Meski demikian, curah hujan tinggi tak berdampak banjir untuk warga Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur. Usai dibuat tanggul pada era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di aliran Kali Ciliwung, warga merasa ‘santai’ menghadapi banjir.

Hal tersebut diungkapkan warga RT 13 RW 03 Kampung Pulo, Awi (60). Ia menjelaskan, sejak dibangun tanggul, ia bisa lebih bersiap menghadapi bencana banjir. Padahal sebelum dibangun tanggul, kata Awi,  warga pasti langsung siap-siap untuk mengungsi.

“Saya pikir lebih nyaman, kalau ada tanggul. Pembuatan tanggul, jauh lebih mendingan, untuk tidak banjir. Setidaknya, bila ada banjir, kita bisa rapi-rapiin rumah juga. Jika tidak ada tanggul, kondisi kita jauh lebih parah,” kata Awi saat dikonfirmasi di Jalan Inspeksi Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (21/2/2021).

Ia mengaku, sebelum dibangun tanggul, baru hujan, sudah banyak warga kabur karena air sudah menjulang ke jalanan.

“Di sini kan dataran kali. Kali banget dah. Kalau ada hujan nih, warga sudah siap-siap, kadang kompor dinaik-naikin, kalau sekarang kan kita bisa lebih santai,” tutur Awi.

Ia menjelaskan, sebelum dibangun tanggul, air sering masuk ke pemukiman warga. Ia mengatakan, air sungai meluap dari Kali Ciliwung dan langsung menerjang kawasan warga sekitar.

“Saat itu, air langsung lewat saja dari arah sono. Dulu pas gak ada tanggul, situ bisa motong jalan, tidak muter lagi. Semuanya di sana bambu dan rumah banyak yang roboh. Di sini pada motong jalan engga nikung lagi. Alhamdulillah, sekarang udah tenang. Kalau buang sampah sudah ada tempatnya,” ujar Awi.

Saat ini, Awi hanya mengharapkan, warga Kampung Pulo membuang sampah pada tempatnya.

BACA JUGA :  Polri dan Ormas Harus Memiliki Kesamaan Pikir dan Gerakan

“Meski sudah dibangun tanggul, saya harap warga bisa membuang sampah sesuai dengan tempatnya,” ujarnya.

(FWI/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar