Tidak Mesti Akibat Benturan, Memar Bisa Muncul Karena Tujuh Faktor Ini

Penampakan memar pada kulit. (Foto: klikdokter.com)
Bagikan:

Jakarta – Memar setelah terbentur sesuatu merupakan hal yang wajar. Pada umumnya memar akan sembuh dengan sendirinya seiring waktu.

Memar bisa terjadi akibat pecahnya pembuluh darah kecil di permukaan kulit akibat benturan atau cedera tertentu. Akibatnya, darah yang terkandung dalam pembuluh darah bocor dan keluar mengisi jaringan sekitar.

Bacaan Lainnya

Inilah mengapa memar yang baru muncul biasanya berwarna merah, dan lama kelamaan seiring dengan pemulihannya berubah warna menjadi biru atau ungu gelap.

BACA JUGA :  Kenali Bahaya Makan Mie Instan Dengan Krupuk, Picu Obesitas Hingga Kanker

Umumnya, memar muncul akibat benturan, namun tidak menutup kemungkinan memar terjadi tanpa diawali benturan pada area tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan memar muncul di kulit, diantaranya:

1. Diabetes

Saat mendapati ada memar di kulit pada area tertentu, bisa jadi itu indikasi dari gejala awal diabetes. Hal ini terjadi karena ada pendarahan kapiler internal karena pembuluh darah yang lemah. Kondisi ini mengakibatkan tubuh mudah terjadi memar.

2. Olahraga

Alasan lain dari munculmya memar adalah olahraga, terutama olahraga yang terlalu berat. Olahraga akan menempatkan banyak tegangan pada otot. Kondidi ini menyebabkan pecahnya pembuluh darah sehingga memunculkan memar.

BACA JUGA :  Tekan Kasus Covid-19, Jepang Batasi Jumlah Delegasi Asing di Olimpiade Tokyo

3. Penuaan

Saat menua, produksi kolagen serta lapisan lemak yang melindungi kulit mengalami penurunan. Hal ini membuat seseorang mudah sekali mengalami memar terutama ketika usia Anda sudah di atas 60 tahun.

4. Gangguan darah

Gangguan darah seperti hemofilia bisa membuat penderitanya mudah mendapatkan memar. Bahkan kontak fisik yang ringan saja bisa menyebabkan memar. Dalam beberapa kasus, memar karena gangguan darah ini bisa berujung pada indikasi gejala kanker darah.

5. Konsumsi obat

Mengonsumsi beberapa jenis obat tertentu ternyata bisa mendatangkan memar pada tubuh. Beberapa jenis obat yang bisa membuat memar, antara lain aspirin, kontrasepsi, serta steroid.

BACA JUGA :  Waspada, Kecanduan Smartphone Bisa Turunkan Kualitas Tidur

6. Purpura dermatosis

Purpura dermatosis merupakan kondisi kulit yang menyebabkan darah keluar dari kapiler kecil sehingga memunculkan memar keunguan. Pada kasus yang cukup parah, kondisi kulit ini bisa menimbulkan rasa gatal. SAlah satu cara untuk agar terhindar dari gangguan ini, yakni mengoleskan tabir surya setiap kali akan bepergian atau beraktivitas di luar ruangan.

7. Kekurangan vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang berfungsi untuk menyembuhkan luka dan pembentukan kolagen. Kekurangan vitamin ini menyebabkan pembuluh darah kecil mudah pecah dan menimbulkan memar. (Zak/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *