Tim VR46 Milik Valentino Rossi Akan Segera Terbentuk?

Bagikan:

Roma – Dalam sepekan terakhir, santer dikabarkan Valentino Rossi  akan memiliki tim di MotoGP sendiri mulai musim 2022.

Kabarnya, pembalap 40 tahun asal Italia itu diklaim sedang melakukan negosiasi untuk membeli tim Esponsorama Avintia.

Jika benar-benar pensiun usai MotoGP 2021 dan mengembangkan timnya sendiri VR46 di MotoGP 2022, Rossi sudah harus melakukan negosiasi dengan tim pabrikan sebagai penyuplai sepeda motor balapnya.

Dikutip dari Speedweek, ada empat calon tim pabrikan yang akan bekerja sama dengan Rossi, yakni Yamaha, Suzuki, Ducati, dan KTM.

Untuk Yamaha, jelas menjadi proritas bagi Ross, begitu pun sebaliknya, Rossi adalah proritas bagi Yamaha. Kontrak Yamaha dengan Petronas akan berakhir usai musim 2021. Peluang VR46 menggunakan sepeda motor Yamaha di MotoGP 2022 cukup besar, pasalnya CEO Petronas Yamaha Razlan Razali dikabarkan tertarik melakukan negosiasi dengan Suzuki.

Razlan seperti sadar Yamaha akan lebih memilih bekerja sama dengan VR46 karena akan lebih menguntungkan dari segi bisnis, mengingat Rossi sebagai sosok legenda di MotoGP.

Sementara untuk Suzuki, Rossi memiliki kedekatan dengan direktur tim Suzuki, Davide Brivio. Kedekatan ini disinyalir banyak pihak bisa membuat VR46 dan Suzuki menjalin kerja sama. Namun, Suzuki belum teruji sebagai tim pabrikan penyuplai tim satelit meski Joan Mir sukses menjadi juara dunia di MotoGP 2020.

Kendala lainnya, adanya sejumlah tim yang juga menginginkan kerja sama dengan Suzuki, yakni Petronas dan Gresini. Petronas rencananya mengakhiri kerja samanya dengan Yamaha di 2021, sedangkan Gresini akan mengakhiri kerja sama dengan Aprilia usai MotoGP 2021.

Untuk Ducati, peluang sebagai penyuplai motor balap untuk tim VR46 milik Rossi di MotoGP juga besar. Mengingat, Rossi juga pernah menjadi pembalap utama di pabrikan asal Italia tersebut.

BACA JUGA :  Mega Tukar Guling Barca-PSG Terjadi Jika Laporta Terpilih Jadi Presiden Barcelona?

Selain itu, tim yang saat ini tengah melakukan negosiasi dengan dengan Rossi, Esponsorama Avintia menggunakan mesin Ducati.

Sementara KTM, merupakan parbrikan terakhir yang dihubungka dengan tim VR46. Direktur Balap KTM Pit Beirer tidak memungkiri timnya siap menjadi penyuplai sepeda motor tim VR46.

“Kami akan senang mendengar kabar dari Rossi kapan pun. Namun, tentunya kami akan senang jika kabar itu datang sebelum musim 2022 atau 2023,” ucap Beirer.

Seperti banyak diberitakan sebelumnya, ambisi memiliki tim sendiri diungkap Rossi secara gamblang beberapa waktu lalu. CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta menyambut positif niat Rossi tersebut dan mengatakan sosok Rossi di MotoGP masih dibutuhkan meski dalam peran berbeda. Carmelo Ezpeleta menyebut, amat penting bagi pecinta MotoGP untuk melihat sang legenda hidup MotoGP itu tetap berada di paddock di masa depan.

(Nad/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *