Tips Jaga Tulang Belakang Tetap Kuat Hingga Tua Nanti

lustrasi tulang belakang. Foto: harapanrakyat.com
Bagikan:

Jakarta – Tulang belakang merupakan salah satu organ vital dalam tubuh. Fungsi tulang belakang akan mengalami penurunan sejak usia 30 tahun, dan semakin berkurang ketika menginjak 40-60 tahun.

Kehilangan elastisitas tulang punggung, dapat menurunkan kualitas hidup sehingga aktivitas sehari-hari terhambat.Untuk mengantisipasi hal tersebut, kesehatan tulang belakang harus dijaga sedini mungkin.

Bergerak aktif

Tetap bergerak aktif sangat penting untuk kesehatan tubuh terutama tulang belakang. Semakin aktif, maka semakin besar kontribusi terhadap kesehatan tulang belakang.

Peregangan

Peregangan secara rutin membuat tubuh semakin fleksibel, yang artinya fungsi-fungsi sendi bekerja dengan baik. Peregangan mampu meredakan kekakuan otot dan meningkatkan stabilitas tubuh.

Olah raga

Olah raga secara rutin mampu menguatkan otot-otot untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Anda dapat memilih gerakan bridge atau pelvic tilt untuk menguatkan otot-otot terutama otot pada tulang belakang.

Tidur dengan postur yang benar

Tidur merupakan saat dimana tulang belakang beristirahat. Postur tidur yang benar adalah menyamping untuk mencegah tekanan pada tulang belakang.

Tidak angkat beban terlalu berat

Mengangkat beban lebih dari 25 persen berat tubuh beresiko mengalami cidera pada tulang belakang atau menyebabkan herniated disc. Selain itu hindari mengangkat beban dengan sentakan karena akan menyebabkan masalah pada tulang belakang.

Pakailah sepatu yang pas

Siapa duga, ternyata sepatu merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan tulang belakang. Sepatu berperan dalam memberikan dukungan pada punggung bagian bawah serta memberikan dukungan dasar yang kuat untuk menopang tubuh. Hindari menggunakan sepatu ketat tau longgar.

Gunakan ponsel dengan postur tubuh yang tepat

Menggunakan ponsel dengan postur tubuh yang salah akan berdampak pada kesehatan tulang belakang. Menggunakan ponsel dengan posisi yang sama menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada trulang belakang.

BACA JUGA :  Cara Agar Tak Tertular Varian Baru Virus Covid-19 Asal Inggris

Pastikan menggunakan ponsel setinggi level mata atau dada serta tetap menjaga postur tubuh tetap tegak saat tegak atau berdiri. Hindari menggunakan ponsel dengan membungkuk terlalu lama.

Cintai tulang belakang mu sedari dini ya. (Zak/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *