Tips Turunkan Berat Badan di Malam Hari

IlustrasiI timbangan berat badan. Foto: Pixabay
Bagikan:

Jakarta–Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal memang membutuhkan usaha dan waktu. Apabila tidak didukung dengan pola makan dan gaya hidup sehat, miliki bentuk tubuh yang ideal hanyalah angan-angan. Perlu komitmen yang kuat, konsisten, dan kedisiplinan dalam melakukannya.

Berikut tips untuk menurunkan berat badan di malam hari.

Hindari minuman manis

Menurut penelitian Berkeley’s University Health Services, kandungan gula dalam minuman menyebabkan penumpukan lemak pada perut yang disebut lemak viseral (lemak yang tidak terlihat karena tidak berada di bawah kulit, melainkan disekitar organ dalam tubuh). Lebih baik minum minuman yang rendah kalori seperti air putih atau the hijau.

Tidur dengan lampu redup atau mati

Tidur dengan lampu menyala justru meningkatkan kadar hormon kortisol (hormone stress). Peningkatan hormon ini mampu meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan retensi (penyimpanan) lemak.

Makan makanan kaya serat

Penelitian dari Wake Forest Baptist Medical Center menyebutkan, dengan mengkonsumsi 10 gram serat larut saat makan malam, dapat menurunkan lemak perut sebanyak 3,7 persen.

Berhenti makan setelah pukul delapan malam

Pada pukul delapan malam hingga empat pagi, tubuh memasuki fase penyerapan, asimilasi, mengedarkan zat makanan, dan detoksifikasi. Makan larut malam dapat menghambat fase ini sehingga prosesnya tidak berjalan maksimal. Hal ini jika dilakukan terus menerus berdampak pada penumpukan lemak dalam tubuh. (Zak/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Hati-hati! Kurus Belum Tentu Terbebas dari Penyakit

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *