Tito Karnavian Bagi Cerita Mengenai Sosok Calon Tunggal Kapolri

Mantan Kapolri, Tito Karnavian
Mantan Kapolri, Tito Karnavian (Foto: RN/Istimewa)
Bagikan:

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menceritakan pengalaman Komjen Listyo Sigit Prabowo. Tito mengungkapkan, calon Kapolri tunggal tersebut sosok pribadi matang dan tegas.

“Saya mengucapkan selamat kepada Pak Sigit yang menjadi calon tunggal Kapolri. Selama saya menjadi Polri, ada dua jabatan strategis yang dipegang Pak Sigit. Jabatan pertama, Kapolda Banten. Kedua, Kepala Divisi Propam,” ujar Tito di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (18/1/2021).

Bacaan Lainnya

Tito mengatakan, saat Sigit menjadi Kapolda selama dua tahun, kondisi Banten terlihat tenang, aman dan nyaman. Sementara itu, saat menjadi Kadiv Propam Polri, Sigit memiliki pengalaman memerintah dengan cukup baik.

“Saat menjadi Kadiv Propam, Pak Sigit sangat membantu saya dan sangat mendukung, terutama dalam rangka untuk mengawasi kinerja anggota. Saya melihat, Pak Sigit melakukan dengan sangat baik. Tak hanya itu, Pak Sigit juga pernah didapuk menjadi Kabareskrim dalam waktu yang juga lumayan panjang yakni satu tahun lebih. Kita menyaksikan bagaimana kinerja Pak Sigit di media,” ujarnya

Tito menyebut, Sigit memiliki pengalaman yang cukup matang meski terbilang masih muda. Ia memiliki pengalaman kewilayahan hingga reserse.

“Sehingga saya merasa bahwa Pak Sigit meskipun berusia muda tapi matang. Sudah cukup matang di pengalaman di kewilayahan, di teritorial, pengalaman di staf yang cukup lama, dan juga pengalaman di bidang serse, Kabareskrim. Jabatan yang sangat strategis di Polri,” ucapnya.

Selain itu, Komjen Sigit di mata Tito merupakan pribadi yang santun dan merangkul. Namun, Komjen Sigit, kata Tito, juga pribadi yang tegas dan siap menjadi Kapolri.

BACA JUGA :  Harapan Idham Azis kepada Calon Kapolri Baru

Tito juga mengamati sosok Sigit merupakan pribadi yang tegas dan siap untuk menjadi Kapolri selanjutnya.

“Saya menilai dengan segala pengalaman itu, ditambah dengan pribadi Pak Sigit yang sangat paham. Saya menilai Pak Sigit memiliki pribadi yang santun, pribadi yang merangkul. Apalagi, Pak Sigit juga merangkul semua pihak senior-junior, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik,” sebut purnawirawan bintang empat ini..

“Namun, saya sangat paham Pak Sigit sangat tegas. Saya luruskan, Pak Sigit sudah sangat siap jadi Kapolri. Kami mendoakan, mudah-mudahan prosesnya lancar. Saya juga berdoa, Pak Sigit bisa mengemban amanah ini dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Idham Azis mengajak kepada para jajarannya semua untuk bersatu dan kompak memberikan dukungan kepada calon Kapolri baru Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Ia sangat berharap agar pelaksanaan rangkaian uji kelayakan dan kepatuhan pada pekan depan bisa berjalan lancer dan aman. Idham Azis memberikan pepatah,“waktu tidak mengikuti jalan yang dibuat oleh manusia, tetapi manusianya lah yang berjalan dijalur yang dibuat oleh waktu,” ujar Jenderal Idham Azis.

Kapolri Jenderal Azis berpesan agar Polri menerima keputusan Presiden dan berharap institusi kepolisian agar tetap solid.

“Harapan saya kita semua tetap solid, mendukung kebijakan yang sudah di putuskan Bapak Presiden Joko Widodo selaku Pimpinan Tertinggi Polri untuk kita laksanakan dan amankan,” ujar Kapolri Idham Azis.

(FWI/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *