TNI AD Kirim Bantuan Logistik dan Alutsista Untuk Korban Gempa Sulbar

KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin rapat penanganan bencana gempa bumi Sulbar di Mabesad, Jakarta. Foto: Dispenad
KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin rapat penanganan bencana gempa bumi Sulbar di Mabesad, Jakarta. Foto: Dispenad
Bagikan:

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Tentara Nasional Indonesia (TNI), Andika Perkasa mengerahkan, alutsista dan bantuan untuk korban gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Dalam video yang diunggah TNI AD di YouTube, Senin (18/1/2021), KSAD bersama jajaran pejabat utama TNI AD melakukan telekonferensi dengan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI, Andi Sumangerukka dan menanyakan apa yang dibutuhkan di lapangan saat ini. Andika menegaskan TNI AD akan mengirimkan.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA :  Update Gempa Sulbar: 73 Orang Tewas, 826 Luka-luka, 15 ribu Mengungsi

“Singkat pertanyaan dari saya, apa yang dibutuhkan, yang dibutuhkan yang paling utama? Jadi apa yang bisa kami bantu, kami akan usahakan,” kata Andika.

Mendapat pertanyaan tersebut, Pangdam Hasanuddin menyampaikan, hal mendesak yang dibutuhkan saat ini, antara lain jembatan belly, tenda, tenaga kesehatan termasuk obat-obatan, sembako, dan selimut.

Selain itu dia juga menyebut keberadaan genset sangat dibutuhkan di sini.

Mendapat jawaban seperti itu, KASAD Andika beserta jajarannya segera menyusun rencana agar bantuan bisa segera dkirimkan.

BACA JUGA :  Sebut Profesi Orangtua Petani, Mira Dapat Tanggapan Kurang Menyenangkan dari Wanita Tak Dikenal

“Oke, kami akan segera mulai rapat dan mengirim secepat mungkin. Kami juga akan mengirim kapal laut kita, kapal laut angkatan darat untuk mengangkut apa yang sesuai dengan permintaan,” ujar KASAD.

Menindaklanjuti hasil rapat, segala persiapan segara dilakukan. TNI AD  pun mengirimkan alutsista berupa alat transportasi udara oleh Puspenerbad dengan mengirimkan Heli Bell 412 sebanyak 2 unit, MI-17 1 unit, dan Cassa 1 unit.

Selain itu, Pusbekang juga akan mengirimkan perbekalan melalui kapal laut sebanyak 4 unit, sembako, tenda, serta kebutuhan posko darurat.

Ditambah lagi Pusziad serta Pushubad juga mengirimkan bantuan untuk penanganan Mamuju seperti, alat berat 7 unit excavator, jembatan belly sepanjang 60 meter, genset besar dan kecil, alat komunikasi repeater 6 unit, 80 HT, solar cell, dan 5 hp satelit.

BACA JUGA :  Pemblokiran Rekening FPI, OJK Sebut Tanpa Perlu Izin BI

Sejauh ini, Kapuskesad telah mengirimkan bantuan obat-obatan, melalui Dandenkes Pare-Pare dengan membawa 17 personel dan 3 ambulans.

“Kita TNI AD akan membantu apa yang perlu kita bantu, agar setiap kebutuhan penanganan evakuasi para korban bencana alam gempa bumi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat,” ujar Andika Perkasa.

TNI AD terus berupaya agar penanganan terhadap korbandapat dilakukan semaksimal mungkin termasuk pemulihan dari sisi kesehatan. (Zak/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *