Waspada, Kecanduan Smartphone Bisa Turunkan Kualitas Tidur

Ilustrasi bermain gadget sebelum tidur. (Foto: ngovee.com)
Bagikan:

Jakarta – Keberadaan smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan setiap orang. Bahkan tidak sedikit yang merasa tidak bisa jauh dari barang eletronik satu ini hingga kecanduan.

Ternyata sulit melepas smartphone berdampak buruk untuk kesehatan. Studi terbaru menunjukkan kecanduan smartphone mengganggu kualitas tidur.

Bacaan Lainnya

Penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Psychiatry ini menganalisis, penggunaan telepon pintar pada lebih dari 1.000 mahasiswa berusia 18-30 tahun di King’s College London. Partisipan diminta mengisi kuesioner tentang kualitas tidur dan penggunaan smartphone mereka.

BACA JUGA :  Makan Perlahan Turunkan Berat Badan, Ini Penjelasannya

Hasilnya, 40 persen mahasiswa tergolong kecanduan smartphone. “Perkiraan prevalensi kami konsisten dengan penelitian lain yang dilaporkan pada populasi dewasa muda secara global, yang berada pada kisaran 30-45 persen,” kata peneliti utama Sei Yon Sohn.

Penelitian ini mendapati penggunaan smartphone berlebih berkaitan dengan masalah tidur, durasi tidur, dan kelelahan di siang hari.

Penggunaan smartphone menjelang tidur juga terbukti memperlambat ritme sirkadian, jam tidur, dan jam bangun.

BACA JUGA :  Si Raja Pahit Sambiloto, Ampuh Sembuhkan Diabetes Hingga Sehatkan Jantung

Bahkan, pemakaian smartphone setelah pukul 01.00 dini hari juga meningkatkan risiko tidur memburuk tiga kali lipat.

Peneliti menyimpulkan, orang yang kecanduan smartphone, atau menggunakan telepon selama 4 jam atau lebih setiap harinya, atau menggunakan telepon setelah tengah malam memiliki risiko tinggi mengalami gangguan tidur.

Menggunakan perangkat elektronik pada malam hari hanya akan Menurunkan kualitas tidur. Karena menonton televisi, bermain video game, berselancar di media sosial dengan ponsel pintar hanya akan membuat Anda semakin sulit tertidur.

BACA JUGA :  Yuk Intip, Apa Itu Factory Reset

Jika hal ini berlangsung dalam jangka panjang akan menurunkan tingkat kesehatan, dan berbagai penyakit serius pun mudah menyerang, antara lain stroke, diabetes, gagal jantung, hipertensi, dan masih banyak yang lain.

Selai itu, efek buruk lainnya, yakni memicu obesitas, depresi, pelupa, meningkatkan resiko kematian, mempercepat penuaan dini, membunuh dorongan seks, merusak proses kognitif, dan lain sebagainnya.

Demi meningkatkan kualitas tidur, para peneliti menyarankan untuk tidak melihat layar di tempat tidur atau setidaknya satu jam sebelum tidur.

Selain itu, matikan pula telepon saat sedang beraktivitas seperti saat rapat, makan malam, bermain, atau menyetir agar lebih fokus. (Zak/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *